Lihat ke Halaman Asli

IDRIS ELRUMI

PENDIDIK

Menjadi Guru Idola

Diperbarui: 11 Januari 2018   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: bisnis.liputan6.com

Guru adalah faktor penunjang keberhasilan anak, guru memiliki peran penting di sekolah. Guru adalah motivator pembangunan kestabilan dan kesenjangan negara.

Sekolah tanpa adanya seorang guru tidak akan berjalan dengan baik dunia pendidikan. Guru sebagai ujung tombak bangsa, yang mencetak generasi-generasi yang memiliki karakter yang inovatif, aktif dan cerdas.

Guru memiliki kesenjangan yang sangat signifikan bagi negara, karena guru adalah penggerak pembangunan bangsa. Tanpa peran seorang guru ketimpangan sumber daya akan terjadi, disebabkan sumber daya yang tidak bermutu dan tidak berkualitas. Oleh karena itu, pemerintah harus lebih memperhatikan kesenjangan seorang guru.

Guru adalah motor penggerak pembangunan bangsa, guru berperan aktif sebagai penyelaras perekonomian negeri ini.

Guru harus memiliki kemampuan pedagogis, agar siswa dapat mencapai kemampuan pembelajaran yang di tempuh. Berhasil atau tidaknya hasil belajar siswa tergantung pengetahuan pedagogik seorang guru. Guru berperan aktif sebagai penunjang keberhasilan seorang murid.

Guru haruslah menjadi idola para murid, dalam arti guru itu harus menyenangkan. Menyenangkan dalam hal mengajarkan atau menyampaikan materi tidak membosankan. Guru harus berinovasi dalam mengajarkan anak-anak didiknya.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh seorang guru adalah faktor keinginan siswa yang susah dan sulit untuk belajar. Baik di sekolah maupun di rumah.

Ini adalah permasalahan yang sering muncul, guru harus peka terhadap permasalah-permasalahan murid yang dihadapi. Baik dari permasalahan yang muncul dari diri sendiri maupun atas pengaruh orang lain.

Berinovasi, adalah salah satu strategi jitu untuk mengajar. Agar siswa lebih aktif, kreatif atau memiliki kecerdasan diluar batas kemampuan. Inovasi adalah salah satu jalan atau solusi terbaik dalam mendidik anak-anak didik kita. Sebab guru yang berinivasi adalah guru yang di idolakan oleh para murid-muridnya.

Guru idola adalah guru yang selalu dirindukan oleh siwa atau muridnya. Kedatangannya selalu dinantikan dan diharapkan. Jika kita menjadi guru idola, sudah tentu muridpun mau untuk belajar dan semangat untuk belajar.

Sebagai pendidik harus pandai berinovasi, selain kemampuan pedagogis yang dimiliki guru. Kita juga harus bisa terus berinovasi. Jaman sudah modern, rubah mindset kita sebagai pendidik, rubah teknik atau cara kita mengajar, berikan informasi yang akurat kepada murid-murid dengan memanpaatkan teknologi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline