Lihat ke Halaman Asli

Belajar Huruf Ala "Anak Kinestetik"

Diperbarui: 1 Desember 2023   02:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Permainan Sang Pemburu Huruf di TK Bhakti Mulia/Dok Pribadi

Anak itu unik. Ya, anak adalah manusia kecil yang sangat unik dengan berbagai perilaku yang menggemaskan sehingga kita tidak bisa menyamakan atau membandingkan antara anak satu dengan anak lainnya. 

Dalam hal belajar, anak memiliki gaya belajar yang beragam salah satunya adalah gaya belajar kinestetik. Anak dengan gaya belajar kinestetik ini dalam membangun pengetahuannya mereka cenderung melibatkan motorik mereka. "Anak Kinestetik" akan lebih suka belajar dengan melibatkan fisiknya dibandingkan dengan hanya duduk mendengarkan guru, menonton video pembelajaran serta mengerjakan lembar kerja anak. 

Lalu, apakah "anak kinestetik" tidak bisa belajar bersama didalam kelas dengan teman yang lain?? Oh tentu bisa, peran guru khususnya pada anak usia dini adalah selalu memfasilitasi semua anak agar dapat mengeksplor dirinya, membangun pengetahuan sesuai karakter mereka. 

Untuk anak yang memiliki gaya belajar kinestetik, guru bisa mengajak anak untuk melakukan permaian atraktif didalam kelas yang membantu anak mengembangkan kemampuan literasi dalam mengenal huruf  seperti melalui permainan "Sang Pemburu Huruf".

Permainan "Sang Pemburu Huruf" didesain bisa dilakukan di dalam atau di luar kelas yang nantinya anak akan diajak untuk melewati berbagai rintangan yang sudah dibuat untuk menuju suatu box yang berisikan loose part huruf yang akan anak susun membentuk sebuah kata sederhana sesuai kartu gambar yang disudah dipilih anak.

Alat dan Bahan yang perlu disiapkan guru untuk permainan ini adalah :

1. Cone

2. Simpai

3. Kursi Kecil

4. Loose part yang diberi huruf ( ex: Tutup botol atau batu halus yang diberi tulisan huruf-huruf )

5. Kardus bekas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline