Lihat ke Halaman Asli

Studi Independen: Belajar Digital Marketing Bersama NF Computer

Diperbarui: 19 Desember 2022   07:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Studi Independen Bersertifikat merupakan dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan di luar aktivitas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai kegiatan dari perkuliahan. Melalui program ini mahasiswa memiliki kesempatan untuk memperlengkapi dirinya dengan menguasain kompetensi spesifik dan praktir yang dicari oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) saat ini. Program ini menawarkan beragam bidang yang dapat diikuti dan dipelajari seperti, Bisnis, Teknologi dan sebagainya.

Memasuki Semester 7, tepatnya pada Bulan Agustus 2022 saya berkesempatan untuk mengikuti program Studi Independen di NF Computer dengan course Digital Marketing. NF Computer ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi industry. Aktivitas ini meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas secara sinkronus melalui Zoom Meeting yang dilaksanakan setiap hari Senin-Jum'at pukul 08.00-12.00. Selain itu, setiap peserta akan mendapatkan bimbingan dan berkonsultasi bersama mentor terkait kesulitan yan dihadapi ketika mengikuti Studi Independen baik akademik maupun non akademik. Pada sesi ini biasanya dilaksanakan pada pukul 13.00-16.00 secara sinkronus/asinkronus.

Meskipun Studi Independen di NF Computer dilaksanakan secara full online, hal ini tidak menjad halangan dari pelaksanaan kegiatan. Suasana belajar yang nyaman, materi yang lengkap dan  fasilitas yang memadai. Selain itu, keberadaan fasilitator dari kalangan praktisi yang tentunya sudah ahli di bidangnya membuat suasana belajar menjadi semakin menarik dan berkualitas. Kegiatan pembelajaran ini masih berlangsung, banyak sekali hal yang dipelajari dalam digital marketing ini dimulai dengan pemahaman dasar hingga ilmu praktikal yang dapat digunakan sebagai soft skill akademik digital marketing.

Pada pertemuan minggu ke-17, kami melakukan final project sebagai bentuk implementasi dari materi yang dipelajari selama 16 minggu di NF Computer. Final Project ini dibagi kedalam beberapa grup, setiap grup beranggota 5 orang. Kelompok saya membuat final project dengan judul "Pemasaran Bola-Bola Susu, Hijab, dan Skincare".  Dalam penyelesaian tugas final project ini kami melakukan pembagian tugas. Pembagian tugas ini disesuaikan dengan kegiatan yang pernah dilakukan dari tugas-tugas yang pernah diberikan dan materi yang dipelajari. Kami memuat beberapa media pemasaran digital yaitu pemasaran melalui website sebagai media digital marketing, pemanfaatan konten SEO untuk branding produk, pemanfaatan akun social media seperti Instagram, Facebook, YouTube, Tiktok sebagai media promosi, dan pemanfaatan marketplace Shopee untuk penjualan. Salah satu media yang saya kelola yaitu marketlace Shopee.

Dokpri

Selama mengikuti program Studi Independen di NF Computer, banyak sekali hal baru yang saya dapatkan khususnya terkait digital marketing. Hal tersebut meliputi pengalaman belajar, wawasan terkait digital marketing dan jaringan relasi yang semakin bertambah. Selain itu, skill dan kompetensi saya miliki juga mengalami perkembangan dengan menguasai beberapa keterampilan baru seperti Copywriting konten, Riset Pasar, SEO, SEM dan sebagainya. Dengan demikian, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan memngemabngkan skill mahasiswa yang belum tentu dapat diperoleh di perkuliahan pada umumnya. Terimakasih Kampus Merdeka, Studi Independen Batch 3, NF Computer yang telah memberikan kesempatan dan peluang bagi mahasiswa untuk terus mengasah kemampuan yang harus dimiliki di era digital ini.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline