Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan kegiatan KKN-Tematik semester genap 2021/2022 dengan tema "Menguatkan dan Meningkatkan Program SDG's Desa".
Sasaran dari program SDG's (Sustainable Development Goals) yaitu keluarga/kelompok masyarakat, perangkat desa/kelurahan, siswa sekolah lembaga Pendidikan formal dan non-formal, posyandu, posdaya, PKK, kelompok masyarakat peduli Kesehatan, lingkungan desa/kelurahan, UMK, BUMDES, karang taruna, dan lain-lain.
Penulis merupakan salah satu peserta KKN-Tematik UPI 2022 dari kelompok 181 dengan tema "Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata" yang melaksanakan kegiatan dengan sasaan pendampingan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang bertempat di Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.
Sebagai upaya dalam mendukung UMKM, Penulis terjun langsung melakukan pendampingan terhadap salah satu UMKM yaitu Kicimpring "Ibu Rohmah", yang terletak di Kampung Patrol atau biasa disebut dengan Kampung Kicimpring.
Kampung kicimpring merupakan salah satu Kampung yang menjadi ciri khas untuk kunjungan wisata Desa Rawabogo. Disebut Kampung Kicimpring dikarenakan sebagian besar dari warga kampung tersebut mengolah dan memproduksi Kerupuk Kicimpring.
Dalam pendampingan UMKM ini, penulis melakukan wawancara mengenai usaha kicimpring. Dari hasil wawancara, didapat beberapa kendala dan permasalahan yaitu bentuk promosi dan pemasaran produk masih bersifat konvensional, dimana produk hanya dijual di kampung terdekat saja secara door-to-door.
Selain itu, ada juga promosi melalui sosial media Facebook, namun masih menggunakan akun pribadi. Selain pemasaran, packaging produk pun hanya memakai kantong plastik berwarna putih dan tidak memiliki label dan logo sebagai tanda pengenal.
Untuk mengatasi masalah dan kendala tersebut penulis memberikan pendampingan UMKM terhadap Kicimpring "Ibu Rohmah" mengenai branding. Tujuan dari Branding ini adalah agar produk lebih banyak dikenal masyarakat luas dan meningkatkan penjualan.
Penulis memberikan bantuan inovasi berupa branding yang dilakukan pada kemasan produk seperti pembuatan label dan mengganti kemasannya menjadi lebih menarik.