Pesatnya perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif terhadap berbagai macam bidang kehidupan manusia, saat ini segala kegiatan tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Teknologi digital adalah alat yang beroperasi secara otomatis melalui sistem, tidak menggunakan tenaga manusia secara manual. Keberdaan teknologi pada masa kini memiliki manfaat memudahkan berbagai aktivitas manusia, khususnya pada bidang pendidikan.
Era perkembangan global yang demikian masif tidak saja menguntungkan, tetapi juga dapat merugikan. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan perubahan. Dengan adanya teknologi digital dalam pendidikan diharapkan karakter penerus bangsa dapat dibentuk untuk menghadapi era tersebut, dan upaya atau strategis yang perlu disiapkan adalah meningkatkan mutu pendidikan yang mengoptimalkan teknologi dalam pelaksanannya.
Secara umum, proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah merupakan kegiatan yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan bangsa. Dengan belajar seseorang dapat menguasai bidang ilmu pengetahuan, sehingga mereka dapat berkontribusi membangun negeri. Kemajuan pendidikan tentunya didukung beberapa teknologi dalam pembelajaran yang telah direncanakan pendidik karena pendidikan saat ini mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk beradaptasi dengan perubahan yang dapat membawa dampak besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.
Dalam Pembelajaram penggunaan teknologi digital dapat digunakan untuk mengakses informasi yang dapat memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi dengan efisien. Pendidik dapat menggunakan gawai sebagai alat untuk berselancar di Internet. Dengan adanya teknologi digital dalam pendiidkan, diharapkan karakter peserta didik sebagai penerus bangsa dapat dibentuk untuk menghadapi era tersebut, dan upaya atau strategis yang perlu disiapkan adalah meningkatkan mutu pendidikan yang mengoptimalkan teknologi dalam proses pelaksanannya.
Peserta didik masa kini akan berbeda dengan generasi sebelumnya, peserta didik masa kini membutuhkan praktik pengalaman melalui teknologi digital yang kaya dengan sumber pengetahuan. Di sisi lain teknologi digital memiliki banyak jenisnya dan bisa jadi bersifat adaptif dengan kebutuhan pengguna dalam distribusinya. Sering dijumpai seorang pendidik mengoptimalkan proses pembelajaran melalui konten digital yang dibuat dapat melintasi batas bahasa, budaya bahkan usia, seperti pengunnaan Power Point dalam menyampaikan materi pendidik juga dapat meyisipkan teknologi dalam mengumpulkan nilai atau asesmen melalui pembelajaran berbasis game dengan aplikasi seperti padlet, quiziz, qupper, testmoz, dan lain sebagainya.
Saat ini peserta didik membutuhkan praktik pengalaman melalui teknologi digital yang kaya dengan sumber ilmu pengetahuan untuk mengoptialkan pembelajaran. Selain itu, teknologi digital juga memiliki banyak jenis, lebih mengutamakan nilai efisiensi dan efektivitas, serta bersifat adaptif sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik. Teknologi yang dapat dijumpai dalam kelas biasanya adalah LCD, Laptop, Smatrphone, dan Sound, Router WIFI. Pada kenyataan di lapangan banyak dijumpai teknologi dalam kelas yang tidak bisa digunakan karena pemeliharaan teknologi yang masih kurang terjaga salah satunya adalah LCD yang tidak bisa dioperasikan atau komputer pada lab sekolah yang rusak.
Kurangnya pemeliharaan pada teknologi di sekolah sangat menghambat pembelajaran, contohnya materi bisa disampaikan pendidik melalui audiovisual menjadi tidak menarik jika perangkat ajar LCD rusak dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu perlu adanya perawatan secara berskala seperti perbaikan dan pergantian teknologi digital yang rusak untuk mendukung pendidik dalam menyampaikan materi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H