Lihat ke Halaman Asli

Peran Teknologi Industri Manufaktur dalam Menunjang Stabilitas Perekonomian Negara

Diperbarui: 26 September 2023   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Elang Mulya Saputra Peserta Magang Pt. Aneka Jasa Teknik Gresik

Manufaktur adalah istilah yang sudah tidak asing lagi kita dengar di telinga. Di beberapa negara asia manufaktur merupakan penyumbang tenaga kerja dengan jumlah paling besar dan juga merupakan bagian penting sebagai stabilitas perekonomian suatu negara.

Dikutip dari Corporate Finance institute, manufaktur adalah sebuah badan usaha atau Perusahaan yang memproduksi barang jadi dari bahan baku mentah dengan menggunakan alat, peralatan, mesin industry, dan sebagainya dalam skala produksi yang besar.

Secara tidak sadar apa yang ada disekitar kita merupakan bagian dari produksi manufaktur sehingga perkembangan teknologi pun juga akan mempengaruhi kebutuhan dan meningkatnya tingkat konfumtif dalam proses manufaktur itu sendiri.

Berbagai negara yang ada di asia seperti Indonesia dengan gencar meningkatkan aktivitas manufaktur pada Perusahaan teknologi manufaktur dalam skala internasional perdagangan. Dengan meningkatnya aktivitas perusahaan manufaktur  sangat penting dalam membantu membuka dan mencipkatan lapangan kerja yang signifikan.

Menurut Kiki Verico sebagai peneliti senior LPEM FEB UI yang juga merupakan Tenaga Ahli Menteri Keuangan Bidang Industri dan Perdangan Internasional, industry manufaktur juga merupakan sektor terbesar ketiga dalam penyerapan tenaga kerja. "Sektor manufaktur merupakan game changer. Indoensia disebut emerging karena pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi dunia dan menjadi  the puller of global economic growth. Sehingga dunia melihat Indonesia sebagai sumber pertumbuhan," paparnya.

Manufaktur telah menjadi bagian integral dari masyarakat seiring dengan perkembangan teknologi dan tingkat konfumtif dan ini tampaknya terus berlanjut selama produk masih dibutuhkan. upnjatim.ac.id 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline