Lihat ke Halaman Asli

Pastikan Kita Salah Satu Saksi Munculnya Gerhana Bulan Stroberi

Diperbarui: 5 Juni 2020   18:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Okezone.com

PARA pembaca dan K'ners dimanapun berada pastinya sudah tidak tidak asing lagi dengan atau bahkan pernah menyaksikan terjadinya fenomena alam berupa gerhana bulan.

Ya, seperti halnya gerhana matahari,  gerhana bulan pun memang menurut sepengetahuan penulis telah terjadi beberapa kali terjadi di langit Indonesia. 

Fenomena alam dan sekaligus merupakan keagungan sang Maha Pencipta ini memang tidak terjadi dalam waktu berdekatan. Tapi, kadang berdasarkan periodik waktu, bisa tahunan, puluhan tahun bahkan mungkin ratusan tahun sekali.

Pertanyaannya, apa itu gerhana bulan?

Menurut pemahaman dan beberapa sumber yang pernah penulis baca, gerhana bulan adalah fenomena alam yang terjadi saat posisi bumi tengah tepat berada di antara posisi matahari dan bulan itu sendiri. Dalam hal ini, bulan mengitari bumi, namun pada saat yang bersamaan, bumi turut mengitari matahari.

Jadi, kalau seandainya kita tarik garis lurus saat bumi tengah berada diantara bulan dan matahari, maka bumi akan menutup sinar matahari ke bulan itu sendiri. Gerhana bulan itu sendiri bisa kita saksikan atau lihat dari bumi ketika malam hari.

Adapun jenis dan nama dari gerhana bulan itu sendiri ternyata tidak hanya satu melainkan ada beberapa. Misal, gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian dan ada juga yang menyebut gerhana bulan stroberi.

Nah, mungkin pembaca dan K'ners sering mendengar dengan istilah gerhana bulan total atau gerhana bulan sebagian. Tapi, bagaimana dengan yang namanya gerhana bulan stroberi, apakah anda sudah ada yang mengenalnya?

Jika belum, pastikan lewat tengah malam nanti, Sabtu (6/06/2020) para pembaca dan K'ners bisa menjadi salah seorang yang beruntung bisa menyaksikan atau melihat munculnya gerhana bulan stroberi dimaksud. Pasalnya, jika cuaca dan langit mendukung, peristiwa alam yang belum pernah penulis lihat sebelumnya ini akan terjadi di langit tanah air.

Dilansir dari Okezone.com yang mengutip dari Telegraph, Jumat (5/6/2020), gerhana bulan ini di negara barat dikenal dengan istilah gerhana bulan stroberi. Bulan ini dinamai setelah awal musim memetik stroberi. Itu juga merupakan nama lain dari Rose Moon, Hot Moon, atau Hay Moon.

Bulan ini muncul di bulan yang sama dengan titik balik matahari musim panas, hari terpanjang dalam setahun (21 Juni) di mana kita dapat menikmati sekitar 17 jam siang hari. Gerhana bulan ini memiliki bentuk bulat penuh, dengan warna kemerahan cerah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline