Lihat ke Halaman Asli

Karena Alasan Ini, Rocky Gerung Sebut Anies Kandidat Kuat Maju Pilpres 2024

Diperbarui: 3 Mei 2020   21:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kaltimtrobunnews.com

KONTESTASI Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih cukup lama, kendati demikian gaung pesta demokrasi lima tahunan ini sudah mulai ramai terdengar sejak sekarang.

Tak hanya sudah ramai dibicarakan masyarakat, para pengamat politik pun sudah tampak mulai memprediksi tentang nama-nama yang berkesempatan untuk mencalonkan diri dan bertarung pada Pilpres mendatang dimaksud.

Bila di kelompokan, sejauh ini sudah ada tiga kelompok kuat yang digadang-gadang berpotensi mengirimkan para kandidatnya. Kelompok dimaksud adalah dari Partai Politik, Kepala daerah dan kaum profesional.

Dari kelompok partai politik, yang digadang-gadang memiliki peluang maju pada Pilpres 2024 mendatang adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Dari kelompok kepala daerah ada nama-nama seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa dan bahkan ada juga Walikota Surabaya Tri Risma Maharini.

Sedangkan untuk kelompok profesional ada nama-nama yang juga diprediksi memiliki peluang, sebut saja Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Tohir serta ada juga mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Tidak hanya sebatas digadang-gadang, sejumlah lembaga survei pun telah melahirkan hasil surveinya tentang siapa kandidat yang memiliki peluang paling besar jika maju Pilpres 2024.

Sebut saja, lembaga survei Median memunculkan dua nama teratas yang dilihat dari aspek popularitas dan elektabilitasnya memperoleh rating paling tinggi. Dalam hal ini, Median menempatkan nama Prabowo Subianto sebagai yang teratas lalu diikuti oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di tempat kedua.

Sementara menurut hasil survei Chatra Politika, dimana nama Prabowo Subianto tidak dilibatkan, menempatkan Anies Baswedan berada di posisi teratas.

Berkaca pada dua hasil survei tersebut di atas, Anies Baswedan sepertinya memang memiliki peluang paling besar untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Tidak hanya lembaga survei yang sudah interest pada Pilpres 2024 mendatang. Sejumlah pengamat politik pun seolah tak mau ketinggalan. Mereka juga sudah mulai memberikan analisa dan prediksinya seputar siapa nama calon atau kandidat yang dinilai layak untuk bertarung memperebutkan kursi nomor satu di tanah air. Salah satunya datang dari Rocky Gerung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline