Lihat ke Halaman Asli

Telisik "Erick For Presiden 2024"

Diperbarui: 11 April 2020   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Detikcom

PEMILIHAN Presiden 2024 masih sekitar empat tahunan. Kendati demikian, gaung menuju kontestasi penguasa negeri ini sudah mulai memanas.

Terbukti, sejumlah nama calon kandidat pada ajang demokrasi lima tahunan ini sudah mulai mengudara. Baik itu dari kalangan partai politik maupun profesional.

Sebut saja nama-nama tersebut adalah, Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPP, Ketua DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani dan Sandia Uno dari Gerindra

Nama-nama di atas adalah kandidat dari unsur pimpinan dan petinggi partai politik. Sedangkan dari unsur pimpinan daerah pun tak ketinggalan. Contohnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawangsa.

Sementara dari kalangan nama-nama yang memiliki jabatan di pemerintahan atau profesional diwakili oleh Sri Mulyani (menteri keuangan), Budi Gunawan (BIN), Tito Karnavian (Mendagri), dan Gatot Nurmantyo (Mantan Panglima TNI) juga memiliki potensi menjadi capres di 2024.

Tidak sekedar nama-nama kandidat saja yang sudah mulai mengudara. Bahkan sejumlah lembaga survei pun sudah mulai melaksanakan investigasi dan analisisnya.

Sebut saja lembaga survei Median yang menghasilkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai nama-nama teratas. Kedua nama ini menurut Median mendapatkan nilai paling tinggi baik itu popularitas atau elektabilitasnya.

Pun dengan lembaga survei Chatra Politika, menampatkan Anies Baswedan sebagai kandidat dengan rating terbaik. Hahya saja, dalam survei ini tidak melibatkan nama Prabowo Subianto.

Dari nama-nama kandidat yang disebutkan tadi, sama sekali tidak ada nama Menteri BUMN, Erick Tohir. Tapi, entah siapa yang memulai, di jagat maya pernah beberapa kali muncul #ErickForPresiden 2024 atau #ErickForIndonesia.

Mereka menyangka bahwa Erick Tohir memiliki agenda atau keinginan untuk terjun dalam dunia politik.

Cukup bisa dipahami jika Erick atau sekelompok orang yang menginginkan mantan Boss klub sepak bola Serie A Inter milan ini menjadi orang nomor satu di tanah air. Mengingat sepak terjangnya selama diangkat jadi orang nomor satu di Kementrian BUMN tampak nyata.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline