Lihat ke Halaman Asli

Ahok Menyentil, Apa Jurus Anies Berikutnya?

Diperbarui: 1 November 2019   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tribunnews.com

BAGI masyarakat yang suka mengikuti perkembangan politik atau boleh jadi yang awam pun sepertinya sudah mengenal dengan sosok yang bernama Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Ya, dia adalah mantan Gubernur DKI Jakarta menggantikan posisi Joko Widodo (Jokowi) yang naik kelas menjadi Presiden Republik Indonesia. Sedangkan, posisi Ahok sendiri (wakil gubernur) digantikan Djarot, kader PDI Perjuangan.

Ahok terkenal dengan sifatnya yang tempramental dan "galak" terhadap bawahan, sewaktu menjabat Gubernur DKI Jakarta. Namun, semua itu dilakukan semata-mata demi perbaikan di pemerintahan yang dia pimpin.

Akibat dari sifat tempramental dan tak kenal komprominya ini membuat Ahok dimusuhi banyak fihak. Meski, tidak sedikit pula yang mengagungkannya. Lantaran, mantan Bupati Blitung ini dianggap sebagai sosok pemimpin yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Tegas, keras namun jujur.

Sayang, Ahok harus mengubur impiannya kembali untuk menahkodai DKI Jakarta. Dia yang berpasangan dengan Djarot harus mengakui keunggulan pasangan "kuda hitam" Anies Baswedan-Sandiaga Uno, pada kontestasi Pilgub 2017 lalu.

Bak jatuh tertimpa tangga, setelah kalah pada pertarungan Pilgub. Ahok kembali harus menelan pil pahit. Lantaran ucapannya dianggap telah menghina dan melecehkan agama terkait suat Al-Maidah 115, pada saat kunjungan ke kepulauan seribu, harus dibayar mahal. Ahok harus berhadapan dengan hukum dan menjadi pesakitan di balik jeruji besi.

Sejak saat itu, nama Ahok lambat laun tenggelam. Sempat diisukan akan direkrut Presiden Jokowi untuk menjadi salah seorang pembantunya di Kabinet Indonesia Maju, ternyata tidak terjadi. Baru kemarin, Kamis, (31/10/19), dia kembali berkoar di media sebagai bentuk jawaban atas sindiran Anies Baswedan pada dirinya sewaktu masih menjabat Gubernur.

Seperti diketahui, anggota DPRD DKI Jakarta dari PSI, Aditya Sarana membongkar adanya pagu anggaran pengadaan aibon untuk sekolah yang ada di DKI sebesar Rp. 82,8 milyar dan beberapa item anggaran aneh lainnya, yang dilihatnya pada situs APBD Pemprov DKI. Membuat Anies Baswedan angkat bicara.

Menariknya, apa yang diungkapkan Anies ini bukannya tentang substansi masalah dan solusi yang akan dilakukannya kedepan. Melainkan malah menyalahkan sistem yang dianggapnya sebagai warisan gubernur pendahulunya.

Menurut Anies, seperti dilansir Bisnis.com, munculnya keanehan rencana anggaran 2020 berpangkal pada sistem e-Budgeting yang sudah ada sejak era Jokowi. Pada kesempatan itu juga, Anies menyalahkan sistem penganggaran elektronik (e-Budgeting) yang diinisiasi oleh Ahok, yang dianggapnya tidak smart.

"Ini problem muncul tiap tahun. maka yang kita koreksi adalah sistemnya. Sistem masih manual pengecekan manual maka ada puluhan ribu item. Saya kerjakan satu-satu kemarin. Tapi saya tidak berpanggung," ucap Anies di Balai Kota DKI, Rabu (30/10/2019).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline