Lihat ke Halaman Asli

Gusfian

MAHASISWA

Pengaruh Teknologi pada Perkembangan Anak

Diperbarui: 12 Agustus 2024   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Allah SWT menciptakan makluk nya diantara mereka ada yang di anugerahi Akal saja dan tidak di anugerahi Nafsu, ada yang di Anugerani Nafsu Saja namun tidak di anugerahi Akal, Dan ada juga yang di Anugerahi kedua nya yaitu Manusia sebagai mana firman Allah Didalam Al Quran Surat At-Tin ayat 4 Telah Aku (Allah)  ciptakan manusia dalaam bentuk yang sebaik baiknya. 

Manusia diciptakan Nafsu dan Akal, di antara mereka ada yang menggunakan akal dengan baik dan ada juga yang kurang baik. Salah satu dari mereka menggunkan akal mereka untuk menciptakan sesuatu yang mereka anggap dapat bermanfaat di kehidupan masyarakat, seperti apa yang dilakukan Nabi Nuh As Yang membuat sebuah teknologi angkutan Air yaitu Kapal Laut, lalu semakin berkembangnya kemajuan Zaman teknologi ini semakin canggih dan modern sepertu hal nya Bapak BJ Habibi Menciptakan karya nya berupa Sebuah Pesawat terbang yang bisa menempuh perjalanan jauh dalam waktu yang singkat dan efisien. 

Teknologi yang di ciptakan oleh manusia ini semakin hari semakin canggih dan semakin banyak jenis nya  dari mulai teknologi Transportasi, Manufaktur , Teknologi komunikasi, Teknologi Informasi dan lain sebagainya. Dengan demikian manusia akan semakin mudah mengakses suatu kegiatan yang mereka inginkan dengan mudah. Baik dari kalangan anak Balita hingga orang tua. 

Saat ini Teknologi sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita  terutama teknologi komunikasi dan informasi yang mana anak usia balita sudah sangat mudah mereka mengaksesnya karena setiap harinya tak pernah jauh dari hadapan mereka. Lalu apa saja faktor yang akaan terjadi pada perkembangan anak- anaak jika dari mereka balita bahkan batita sudah diberikan teknologi sehingga menjadi candu bagi mereka. Jelas pengaruhnya sangat sighifikan baik dari sisi Positif maupun negatif. 

Adapun pengaruh teknologi  positif terhadap perkembanagan anak :

1. Akses Informasi yang lebih luas 

     Teknologi membuka akses bagi anak untuk

Mereka menemukan informasi sebagai sarana mereka untuk belajar baik dari dalammaupun dari luar negeri

2. Pengembangan keterampilan bagi anak.

Banyak aplikasi dan permainan  edukatif yang di rancang untuk melatih kemampuan kognitif, motorik, dan sosial anak.

3. Kreativitas Anak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline