Lihat ke Halaman Asli

Pendampingan Digital Marketing pada UMKM "Keripik Zulfa" oleh Mahasiswa Kelompok 10 KKN-T UNIPMA 2023

Diperbarui: 16 Februari 2023   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Seiring dengan berjalannya waktu dan juga berkembangnya teknologi yang semakin pesat, penggunaan teknologi kini semakin meningkat. Platform media sosial menjadi salah satu solusi pasca pandemi covid-19 yang memungkinkan seseorang berinteraksi dan menyediakan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, dampak dari pandemi covid-19 yang dijalani membuat para konsumen juga pelaku usaha harus merubah kebiasaan dalam bertransaksi. 

Dari fenomena tersebut mahasiswa kelompok 10 KKN-T UNIPMA 2023 melaksanakan pengabdian yaitu melakukan inovasi digital marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) “Keripik Zulfa” yang berlokasi di Dusun Ngampru, Desa Mangunrejo. UMKM di Indonesia telah menjadi bagian penting dari sistem perekonomian di Indonesia. Hal ini dikarenakan UMKM merupakan unit-unit usaha yang lebih banyak jumlahnya dibandingkan usaha industri berskala besar.

Digital Marketing adalah proses kegiatan pemasaran produk maupun jasa secara digital melalui market online seperti shopee dan lain-lain. Tujuan umum dari digital marketing ini adalah untuk menjangkau konsumen lebih luas dengan cara efisien. Shopee adalah platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Diluncurkan tahun 2015, Shopee merupakan sebuah platform yang disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat. Pada program kegiatan KKN-T ini, mahasiswa melakukan pendampingan digital marketing dengan menggunakan platform market online shopee sebagai media pemasaran dan juga promosi produk usaha “Keripik Zulfa”.

Dok. pribadi

Dengan adanya internet dan perkembangan teknologi informasi, marketplace seperti Shopee menjadi salah satu situs e-commerce terpopuler di Indonesia dan diharapkan dapat berperan sebagai perantara UMKM dengan konsumen atau lebih. Cakupan dalam pemasaran berbagai produk. Sehingga dapat merangsang pemilik usaha kecil di berbagai daerah atau meningkatkan kinerja UMKM di Indonesia dan melihat bagaimana mereka dapat bertahan bahkan bersaing dalam bisnis internasional.

Dok. pribadi

Mahasiswa KKN-T Unipma Kelompok 10 melakukan pelatihan di UMKM “Keripik Zulfa” mulai dari foto produk. Foto produk bertujuan untuk menyajikan presentasi produk dalam bentuk foto sebaik mungkin. Citra produk diperlukan untuk memberikan gambaran visual yang lebih jelas kepada konsumen tentang bentuk dan fungsi fisik produk. Produk yang difoto meliputi produk Keripik Ubi, Keripik Pisang dan Stik Bawang. Selanjutnya Mahasiswa KKN-T Unipma Kelompok 10 melakukan pendampingan bagaimana cara membuat akun shopee, membuat toko shopee, upload produk di toko shopee, penerimaan pesanan di shopee, pengemasan produk, pengiriman pesanan di shopee sampai dengan pencairan dana hasil penjualan dari shopee.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline