Lihat ke Halaman Asli

Eko Windarto

Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

Melangkah Bersama ke Depan: Target Budi Riyanto sebagai Wakil Rakyat untuk Meningkatkan UMKM dan Lumbung Padi Kota Batu

Diperbarui: 12 Agustus 2024   20:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar "i" dokpri 

Oleh: Eko Windarto 

Budi Riyanto adalah salah satu Caleg terpilih DPRD Kota Batu 2024-2029 dari DPD PKS Kota Batu Dapil IV Kecamatan Junrejo. Budi berlatar belakang pengusaha seluler ini bakal menjadi penyambung lidah rakyat.

"Sebagai wakil rakyat yang baru terpilih, saya memiliki beberapa target di berbagai bidang untuk mewakili kepentingan masyarakat. Terutama dalam hal UMKM dan pertanian, saya akan berupaya untuk meningkatkan pengembangan UMKM di Kota Batu khususnya di Desa Pendem dengan memastikan bahwa para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan dan akses keberlangsungan usaha. Saya akan memperjuangkan anggaran yang cukup dalam program pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan UMKM," jawab pria yang akrab dipanggil Budi.

"Melakukan koordinasi dengan instansi terkait, seperti Kementerian Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM, untuk mengembangkan pasar yang lebih baik bagi produk UMKM Kota Batu. Saya akan memperjuangkan program-program yang dapat membantu para pelaku UMKM agar dapat mengakses pasar dalam dan luar negeri dengan mudah", lanjutannya.

"Meningkatkan produktivitas pertanian dan mengurangi alih fungsi lahan di Sekar Putih dan sekitarnya. Saya akan membantu mendorong pertumbuhan pertanian lestari di wilayah Desa Pendem, dusun Sekar Putih, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, dan meningkatkan nilai tambah produk pertanian untuk tidak terjadi alih fungsi lahan pertanian. Sehingga Pendem tetap menjadi andalan sebagai produsen padi, agar bisa memperkuat daya saing di pasar nasional dan internasional", tandas Budi.

Oleh sebab itu, perlunya pelatihan petani dalam teknologi pertanian, kesehatan tanaman, dan pengelolaan sumber daya air yang efisien dan berkelanjutan. Hal ini akan berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain itu, peningkatan kualitas infrastruktur, seperti irigasi dan sistem pengairan, serta peningkatan kualitas jalan dan transportasi menuju kawasan pertanian sangat penting.

"Sebagai Wakil Rakyat, yang paling penting bagi saya adalah memperjuangkan dan merepresentasikan kepentingan masyarakat. Oleh karena itu, saya akan selalu berupaya untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak berkepentingan lainnya untuk mengupayakan solusi yang paling tepat dan berkelanjutan untuk Kota Batu", jawabannya menutup wawancara.

Sekar Putih, 12/8/2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline