Lihat ke Halaman Asli

Eko Windarto

Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

Pengunduran Diri Joe Biden dari Pilpres AS 2024: Dampaknya pada Politik dan Kehidupan Amerika Serikat

Diperbarui: 25 Juli 2024   05:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Oleh: Eko Windarto 

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat ke-46 yang saat ini menjabat sebagai petahana, memberikan pengumuman mengejutkan ketika ia mengumumkan pengunduran dirinya dari Pilpres AS 2024 dalam sebuah konferensi pers pada Jumat malam waktu setempat. Biden mengatakan bahwa ia akan mendukung wakilnya, Kamala Harris, sebagai calon dari Partai Demokrat dalam Pilpres AS 2024.

Keputusan Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali sebagai Presiden AS dalam Pilpres AS 2024 cukup mengejutkan. Namun, Biden mengatakan ia merasa sudah memberikan yang terbaik untuk negara selama masa kepemimpinannya sebagai Presiden AS dan saatnya memberikan kesempatan pada generasi berikutnya untuk memimpin negara.

"Setelah banyak pertimbangan, saya sudah memutuskan untuk tidak mencalonkan diri dalam Pilpres AS 2024. Sebagai seorang patriot, saya merasa sudah memberikan yang terbaik untuk negara selama masa kepemimpinan saya sebagai Presiden AS. Sekarang saatnya memberikan kesempatan pada generasi berikutnya untuk membawa negara ini ke masa depan yang lebih baik," ujar Biden dalam konferensi persnya.

Biden juga menambahkan bahwa ia merasa memiliki waktu yang sangat berharga bersama dengan Kamala Harris dan merasa percaya pada kemampuannya sebagai calon Presiden AS. "Saya sangat senang bekerja bersama Kamala Harris selama masa jabatan saya sebagai Presiden. Saya percaya ia memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat dan membawa negara ini ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, saya akan mendukung Kamala Harris sebagai calon dari Partai Demokrat dalam Pilpres AS 2024," tambah Biden.

Pengumuman Biden tersebut mendapatkan respons yang beragam dari masyarakat, politisi, dan media. Sebagian besar menyambut positif keputusan Biden dan memberikan apresiasi atas kepemimpinan yang ia tunjukkan selama masa jabatannya sebagai Presiden AS. Sedangkan beberapa dari pihak yang lain mengekspresikan ketidaksetujuan dengan keputusan Biden dan mempertanyakan alasan di balik pengunduran dirinya.

Namun, yang pasti keputusan Biden untuk mendukung Kamala Harris sebagai calon Presiden AS pada Pilpres AS 2024 dipercaya akan memberikan dampak pada politik Amerika Serikat. Seiring perjalanan waktu, akan terlihat pengaruh dari keputusan ini terhadap Pilpres AS 2024 dan ke depannya politik di Amerika Serikat.

Dampak Pengunduran Diri Joe Biden dari pilpres AS 2024

Pengunduran diri seorang presiden atau calon presiden di negara manapun pastinya akan menimbulkan dampak yang signifikan pada politik, ekonomi, sosial, dan kehidupan masyarakatnya. Begitu pula dengan pengunduran diri Joe Biden dari Pilpres Amerika Serikat 2024 yang membuat banyak orang penasaran dengan dampaknya yang mungkin akan sangat besar.

Joe Biden, Presiden Amerika Serikat saat ini, telah memastikan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri dalam Pilpres AS tahun 2024, meskipun secara hukum ia berhak untuk mencalonkannya. Pengumuman ini membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana pengunduran diri ini akan memengaruhi politik dan kehidupan masyarakat AS. Mari kita membahas beberapa dampak yang mungkin terjadi akibat keputusan ini.

Latar Belakang Pengunduran Diri Joe Biden dari Pilpres AS 2024

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline