Lihat ke Halaman Asli

Eko Windarto

Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

Manfaat Bunga Telang bagi Kesehatan

Diperbarui: 20 Juni 2024   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar dokpri 

Oleh: Eko Windarto 

Bunga telang merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Selain sebagai hiasan, ternyata bunga telang juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman bunga ini memang sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu jenis bahan herbal yang dapat dijadikan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit. Namun demikian, manfaat lainnya juga dapat ditemukan pada bunga telang ini. Yuk, mari kita simak bersama-sama apa saja manfaat dari bunga teleng.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas manfaat dari bunga telang, mulai dari manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan. Dengan membaca artikel ini, diharapkan kita dapat lebih mengenal dan memanfaatkan bunga telang untuk kebaikan tubuh dan kesehatan kita.

Bunga Teleng Memiliki Banyak Manfaat dalam Menjaga Kesehatan Tubuh dan Kulit

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Bunga telang mengandung senyawa flavonoid yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa tersebut dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Senyawa fitokimia yang terdapat pada bunga teleng juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada bunga telang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah.

Membersihkan Kulit

Bunga telang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membersihkan kulit. Kandungan asam salisilat pada bunga telang membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit. Hal ini dapat mencegah munculnya jerawat dan membuat kulit terlihat lebih bersih dan sehat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline