Lihat ke Halaman Asli

Eko Windarto

Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

Digitalisasi dalam Pemilu 2024

Diperbarui: 21 Februari 2024   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Oleh: Eko Windarto

Pemilu Damai menjadi salah satu aspek penting yang harus dipastikan dalam proses demokrasi Indonesia. Tidak hanya harus memiliki pemilih yang berkualitas, pemilu yang damai juga menjadi kunci bagi terwujudnya demokrasi yang sehat. Semakin majunya teknologi digital pada saat ini, kemampuannya untuk membawa perubahan besar dalam proses Pemilu pun turut meningkat. 

Kita tinggal melihat bagaimana varian digital mampu membawa perubahan dan keuntungan besar ke dalam proses Pemilu. Namun, teknologi digital juga dapat membawa beberapa tantangan yang perlu diatasi sebelum Pemilu untuk menciptakan pemilihan yang jujur dan adil.

Digitalisasi Dalam Pemilu

Dalam beberapa dekade, dunia telah berubah secara dramatis dengan adopsi teknologi digital. Teknologi ini membawa cara yang radikal dalam cara we berinteraksi dengan satu sama lain. Di sektor publik, digitalisasi sangat membantu dalam banyak hal. Pemilu tidak terkecuali, digitalisasi dalam proses pemilu telah menjadi bagian dari sistem yang lebih maju dalam memantau pekerjaan dari kegiatan kampanye hingga rekapitulasi hasil pilkada.

Salah satu alasan mengapa digitalisasi memainkan peran utama dalam proses Pemilu adalah mampu mengurangi kesalahan data dan manipulasi. Dalam pemilu dimana pemilih sangat banyak, kesalahan atau manipulasi mesin hitung dapat memengaruhi hasil pemilu. Namun, dengan adopsi digital, setiap pemilih dapat mengawasi perhitungan dan pengumpulan suara secara langsung dari rumah mereka. Ini dapat mencegah berbagai macam kasus penipuan dalam pemilu.

Selanjutnya, digitalisasi juga mempermudah perhitungan dan rekapitulasi suara dalam waktu yang lebih singkat. Hasil pemilu hari ini dapat segera diketahui melalui penampilan sistem votting dan penghitungan melalui digital yang sangat akurat.

Tantangan Digitalisasi Dalam Pemilu

Bagaimanapun, adopsi digitalisasi dalam proses pemilu tidak selalu mudah dan mulus. Beberapa tantangan yang datang dengan digitalisasi dalam pemilu harus dihadapi agar dapat mengambil manfaat maksimal dari ini. Masalah utama adalah persoalan keamanan, hacker dapat dengan mudah memanipulasi sistem secara tidak sah jika tidak memiliki sistem keamanan yang cukup.

Tantangan teknologi digital dalam pemilu juga berkaitan dengan penyediaan data pemilih yang akurat selama registrasi. Berbagai strategi ditempuh untuk memastikan bahwa semua data pemilih telah diverifikasi dan divalidasi untuk memastikan kejujuran selama proses pemilihan.

Kemudian selain keamanan, tantangan lain yang dihadapi oleh digitalisasi dalam Pemilu adalah masalah kesenjangan teknologi. Tidak semua area dapat menikmati akses internet yang stabil dan terjangkau, yang dapat menghalangi bagian dari masyarakat dalam penggunaan teknologi digital untuk kepentingan Pemilu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline