Lihat ke Halaman Asli

Outdoor Activities for Special Needs

Diperbarui: 16 Juli 2023   09:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Pribadi

Bermain di luar memberikan manfaat lebih dari sekedar udara segar. Ketika matahari terbit dan cuaca cukup hangat untuk menghabiskan waktu bermain di luar ruangan, merupakan waktu yang tepat untuk melakukan beberapa aktivitas untuk meningkatkan keterampilan motorik anak.

Bagi anak berkebutuhan khusus, kegiatan bermain di luar ruangan sangat berharga untuk mengembangkan keterampilan dan motorik kasar mau pun motorik halus. Kegiatan di luar memberikan serangkaian tantangan baru bagi anak berkebutuhan khusus.

Alam menawarkan pengalaman indrawi bagi anak berkebutuhan khusus. Penglihatan, penciuman, rasa, dan sentuhan merupakan pengalaman yang menarik bagi indrawi anak berkebutuhan khusus. Alam memberikan pembelajaran yang sangat bermanfaat. Kegiatan berjalan dipermukaan yang tidak rata, seperti bukit, jalan setapak, atau permukaan yang berbeda seperti pasir, bebatuan, sepihan kayu, rerumputan dan sebagainya.

Kegiatan alam merupakan tantangan tersendiri, dan membantu membangun kekuatan dan daya tahan. Permainan seperti hula hoop sangat bagus untuk bermain diluar ruangan, karena mendorong gerakan yang lebih besar. Gelembung balon, menempel dedaunan, berkebun, mendayung perahu, sangat membantu perkembangan motorik anak berkebutuhan khusus. Kegiatan tersebut mendorong anak untuk menggunakan imajinasinya, bergerak dengan lengan dan tubuhnya, serta memberikan rangsangan yang baik untuk perkembangan anak.

Berjalan diatas tali tambang dengan memegang tali yang berada diatasnya memberikan pelajaran yang berharga bagi anak. Anak diajarkan tentang bagaimana menjaga keseimbangan serta kefokusan dalam melangkahkan kaki. Kegiatan menanam pohon sangat bagus untuk perkembangan indrawi anak. Anak diajarkan untuk mencintai alam melalui kegiatan bertanam, serta melatih fungsi motorik kasar dan halus anak. Selain itu belajar menanam dikebun memberikan latihan fungsi peraba anak. Anak diajarkan untuk mau memegang tanah, bebatuan, serta tanaman seperti rumput. Sehingga kegiatan menanam ini sangat bagus sekali untuk perkembangan anak berkebutuhan khusus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline