Lihat ke Halaman Asli

Peringati Hari Bumi dan 4 Tahun DIA, Pemkot Makassar Tanam 50 Ribu Mangrove

Diperbarui: 5 Mei 2018   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peringati Hari Bumi dan 4 Tahun DIA, Pemkot Makassar Tanam 50 Ribu Mangrove (dokpri/P3ESuma)

P3E Suma, KLHK (Makassar, Jum'at, 4 Mei 2018)-Memperingati usia empat tahun Pemerintahan Mohammad Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal (DIA) dilakukan penanaman pohon Mangrove sebanyak 50 ribu di Pelabuhan Nusantata Untia, Kecamatan Biringkanaya Makassar, Jum'at (4/05/2018).

Gerakan penanaman 50 ribu pohon Mangrove ini rangkaian dari Hari Bumi. kedua kegiatan tersebut dibuktikan melalui gerakan menanam. Mangrove dipilih karena Makassar merupakan Provinsi Maritim.

Kegiatan ini dihadiri Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, Plt. Walikota Makassar, Syamsu Rizal selaku inisiator kegiatan, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sulsel dan Kota Makassar, Kepala P3E Suma, serta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkot Makassar, mahasiswa, siswa, hingga perangkat desa seperti, Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW), bahkan melibatkan buruh, serta penggiat lingkungan lainnya.

Mangrove (dokpri/P3ESuma)

Sebanyak 50 ribu pohon telah disiapkan Pemerintah Kota Makassar, terbagi atas enam zona diantara Kecamatan Biringkanaya dan Kecamatan Tamalanrea ditanam antara Untia ke Lantebung sepanjang 1,2 kilometer.

Penanaman bibit mangrove ini, untuk menghadirkan vegetasi minimal sepanjang 5 hektar. Otomatis dengan demikian wilayah daratan Kota Makassar bisa ikut bertambah.

Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono (dokpri/P3ESuma)

Salah satu upaya Pemerintah Kota Makassar untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) dibibir pantai melalui aksi penanaman mangrove. Serta menjadi sarana edukasi kepada masyarakat untuk lebih sadar lingkungan dan mau ikut berpartisipasi menjaga tanaman di sekitar tempat tinggalnya.

Diharapkan dari penanaman mangrove/bakau ini masyarakat bisa memetik benefit ekonomi dari vegetasi mangrove, khususnya dalam sektor pariwisata dan peningkatan hasil tangkapan ikan para nelayan.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini menjadi upaya untuk membangun kesadaran masyarakat dalam melestarikan habitat laut akibat eksploitasi serta reklamasi pantai. tentu saja ini sebuah solusi jangan sampai laut berkurang. berawal dari 50 ribu bibit Mangrove yang tertanam, Pemerintah Kota Makassar menargetkan penanaman satu juta bibit Mangrove ke depannya.  

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline