Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Manajemen Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital

Diperbarui: 25 Maret 2018   08:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)

P3E Suma, KLHK-Kepala P3E Suma, Darhamsyah hadir sekaligus mengapreasiasi kegiatan bertajuk Peningkatan Kapasitas Media Sosial KLHK Wil. Sulawesi, Maluku dan Papua. Kegiatan berlangsung selama dua hari, mulai 22-23 Maret 2018 di Novotel Resort Makassar.

Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan pelatihan "Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Media Sosial untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK Wilayah Sulawesi, Maluku Papua. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ASN KLHK yang menangani Kehumasan untuk menyampaikan pesan kepada publik didukung dana hibah Norway yang dilaksanakan oleh Kemitraan.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)

Sebanyak tiga narasumber dari Sinau Agency, yaitu Wiwik Woeryanti, Agnes Marlita, dan Rully Prayoga. Ketiganya kenyang makan asam garam dunia digital. Sekilas ketiga praktisi media sosial:

Rully Prayoga praktisi, specialist analisist perubahan perilaku di UK Media Intellegence, Instruktur pengelolaan informasi publik di Pusdiklat MA, Kejaksaan Agung dan Kepolisian RI. Menjadi warga tetap lini massa, twitter dan penikmat instagram.

Wiwik Woeryanti, adalah praktisi digital content, berpengalaman lebih dari 10 tahun dan juga konsultan digital PR, serta blogger handal, dikenal dalam strateginya menangani crisis dalam PR.  Wiwik juga sering tampil sebagai pembicara dan trainer di event sosmed seminar dan workshop.

Agnes Marlita, memiliki pengalaman lebih dari 9 tahun dalam dunia komunikasi digital, digital marketing, public speaking dan public relations. Selain menjadi konsultan personal branding. Ia juga berpengalaman dalam social media branding, sering juga menajdi trainer dan pembicara dalam acara seminar dan workshop.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)

Dihadapan peserta pelatihan, Kapus P3E Suma yang juga minded dalam hal Media Sosial ini, menyatakan, "pelatihan media sosial ini sangat penting dan melalui pelatihan ini seluruh peserta agar mengaplikasikan di unit kerjanya masing-masing." Tuturnya.  

"Trainernya dari Sinau, sinau artinya belajar, kita semua disini belajar, belajar itu harus selalu berulang-ulang atau elearning. Ada juga namanya unlearning atau membuka kembali pelajaran yang sudah lama dipelajari dengan memasukkan wawasan baru." Imbuh Kapus P3E Suma.

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)

Pada era digital dimana ruang dan waktu sudah tidak lagi menjadi sebuah batasan, yang sebenarnya orang yang akan memberikan sambutan tidak harus berada di tempat. "Saya pernah ketika ada acara lain, saya menitipkan video singkat sambutan, bisa juga dari jarak jauh."  Jelasnya.

Kita akan belajar bagaimana digital life style yang sebenarnya sudah mempraktekannya dalam kehidupan sehari-harinya, tetapi kita jangan hanya menjadi pemakai saja, bahkan "korban" digital. Tetapi bagaimana justru kita bisa memanfaatkan untuk sebesar-besarnya pengembangan diri dan pengembangan institusi

Pentingnya Management Krisis Media Sosial di Kehidupan Digital (dok/P3E Suma)

Digital government itu sebenarnya sangat sederhana, merubah informasi layanan publik yang sederhana, cepat dan mudah.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline