Lihat ke Halaman Asli

Melangkah Bersama Membangun Bangsa

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia saat ini sedang dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, banyaknya kasus-kasus yang membuat semakin menderitanya rakyat-rakyat kecil contohnya dengan terjadi banyak kasus korupsi di dalam dan di luar pemerintahan, pencabutan subsidi untuk bahan bakar minyak yang mengakibatkan melambung tingginya harga-harga kebutuhan pokok dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu adanya tindak lanjut untuk dapat mengatasi persoalan yang ada di negeri tercinta ini. Sebagai seorang pemuda yang tinggal di sebuah negara, harus memiliki rasa ingin membela negaranya dan memajukan segala aspek yang ada. Pemuda adalah penggerak, agen perubahan, sosial kontrol yang berguna bagi masyarakat, dan generasi penerus bangsa. Karena itu baik buruknya sebuah negara akan dilihat dari kualitas pemudanya.

Sebagai penggerak, pemuda dituntut untuk bisa berpikir kritis agar jika ada sesuatu yang tidak berjalan dengan semestinya pemuda mampu bergerak untuk bisa dapat membenarkan yang telah melenceng tersebut. Pemuda layaknya seorang pahlawan di medan peperangan, yang dapat melakukan perubahan banyak dalam segala aspek oleh karena itu pemuda sebagai agen perubahan. Melakukan sosial kontrol terhadap segala hal yang berada di masyarakat dan mampu membereskan hal-hal yang tidak benar, karena pemuda harus bisa menumbukan jiwa kepedulian sosial yang peduli terhadap masyarakat karena pemuda merupakan bagian dari masyarakat. Generasi saat ini mungkin sedang banyaknya hal-hal yang tidak berjalan dengan semestinya, karena itu sebagai pemuda yang akan melanjutkan perjuangan yang ada dari generasi sebelumnya, pemuda memerlukan kemampuan leadership dan dapat memposisikan diri untuk dapat membentuk keadaan yang lebih baik.

Pemuda tidak akan mampu bisa melakukan begitu banyak beban amanah yang disematkan dipundak mereka. Diperlukan banyak pengorbanan yang dilakukan untuk mencapai itu semua. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dari berbagai golongan untuk dapat melangkah bersama agar mampu mewujudkan cita-cita bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline