Lihat ke Halaman Asli

Tidak Merata Pendidikan untuk Indonesiaku

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan adalah suatu kegiatan pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang bersifat umum bagi setiap manusia dimuka bumi ini. Pendidikan tidak terlepas dari segala kegiatan manusia. Dalam kondisi apapun manusia tidak dapat menolak efek dari penerapan pendidikan. Seperti dari salah satu tujuan dari Indonesia adalah “mencerdaskan kehidupan bangsa” oleh karena itu pendidikan sangatlah dibutuhkan.

Pendidikan pun memiliki fungsi atau peranannya tersendiri bagi manusia. Dalam melakasanakan fungsinya sebagai wahana untuk memajukan bangsa dan kebudayaan nasional, pendidikan nasional diharapkan dapat menyediakan kesempatan yang seluas-luasnya bagi seluruh warga negara Indonesia untuk memperoleh pendidikan. Di Indonesia masalah pemerataan pendidikan timbul apabila masih banyak warga negara khususnya anak usia sekolah yang tidak dapat ditampung di dalam sistem pendidikan atau lembaga pendidikan karena minimnya fasilitas yang tersedia. Saat ini kondisi pendidikan di Indonesia masih belum merata. Misalnya saja di kota-kota besar sarana dan prasarana pendidikan disana sudah sangat maju. Sedangkan di desa-desa hanya mengandalkan sarana dan prasarana seadanya. Bukan hanya masyarakat di desa saja yang masih tertinggal pendidikannya. Daerah-daerah di Indonesia timur bukan hanya sarana dan prasarana yang kurang tapi juga kurangnya tenaga pengajar sehingga sekolah-sekolah disana masih membutuhkan guru-guru dari daerah-daerah lain. Walaupun ada warga negara Indonesia yang tinggal di kota-kota besar tapi karena mereka termasuk ke dalam warga negara yang kurang mampu sehingga mereka tidak bisa merasakan pendidikan. Banyak anak-anak yang masih di bawah umur sudah bekerja untuk membantu orang tua mereka dalam mempertahankan hidupnya.

Banyak upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk dapat menanggulangi permasalahan pemerataan pendidikan di Indonesia. Seperti wajib belajar 9 tahun yang direncanakan tuntas pada tahun 2008, serta menyebar lulusan guru-guru ke daerah-daerah yang masih minim tenaga pengajarnya dan banyak lagi program-program yang pemerintah lakukan. Sudah banyak dari program-program pemerintah tersebut yang berhasil, namun upaya-upaya yang dilakukan pemerintah tidak semuanya berhasil. Masih banyak upaya pemerintah yang kurang berhasil bahkan bisa juga disebut gagal dalam pelaksanaannya. Adanya juga beberapa program dalam melaksanakan pemerataan pendidikan di Indonesia. Pemerataan pendidikan di Indonesia mungkin dapat ditempuh dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang memadai, dan perlunya sosialisasi untuk segala aspek yang menunjang program pendidikan seperti memberikan arahan kepada masyarakat baik orang tua dan anak-anak betapa pentingnya memperoleh pendidikan. Karena tidak semua masyarakat menyadari arti dari pendidikan. Anak-anak saat ini adalah calon-calon yang akan memimpin kemajuan negara Indonesia ini yang lebih baik lagi.

Dapat kita ambil kesimpulan, bahwa pemeraatan pendidikan di Indonesia saat ini adalah masalah yang sangat penting. Masih banyaknya sarana dan prasarana yang belum memadai didaerah-daerah terpencil, masih kurangnya penyebaran tenaga-tenaga pengajar yang masih belum bisa diatasi, dan masih kurangnya kepedulian masyarakat akan pentingnya pendidikan. Pemerataan di Indonesia adalah sangat penting, karena pendidikan tidak hanya untuk beberapa kalangan saja. Pendidikanharus mencakup segala kalangan yang ada di Indonesia ini, dari daerah kota-kota besar hingga kepelosok-pelosok daerah yang ada. Pendidikan adalah pembentuk moral bangsa.

Referensi:

http://duniakampus7.blogspot.com/2014/05/masalah-pemerataan-pendidikan-di.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

http://edukasi.kompasiana.com/2014/08/19/kurangnya-pemerataan-pendidikan-indonesia-669344.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline