Lihat ke Halaman Asli

Eko Nur Hidayat

Dosen di Politeknik Bumi Akpelni

Politeknik Bumi Akpelni Gelar Pelatihan Pegisian PIB bagi Masyarakat Logistik

Diperbarui: 27 Oktober 2019   00:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Bandung - Era revolusi industri 4.0 mengedepankan peran teknologi informatika dan komunikasi dalam segala hal, termasuk proses bisnis. Hal ini sejalan dengan tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat.

Dengan demikian, penerapan revolusi industri 4.0 harus diikuti oleh setiap komponen bisnis, tidak terkecuali bidang logistik. Demikian diungkapkan oleh Ridwan selaku ketua tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat Politeknik Bumi Akpelni dihadapan sekitar 40 orang masyarakat logistik.

dok. pribadi

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, tim pelaksana melakukan pelatihan bagaimana cara menginstall dan mengisi aplikasi Pemberitahuan Impor Barang (PIB) sebagai salah satu langkah untuk memperlancar kegiatan impor.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 - 26 Oktober 2019 ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Politeknik Bumi Akpelni dengan Politeknik Pos Indonesia Bandung yang sudah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak.

dok. pribadi

Pada pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium informatika Politeknik Pos Indonesia tersebut setiap peserta melakukan simulasi bagaimana mengisi Pemberitahuan Impor Barang berdasar dokumen-dokumen impor yang ada. Setiap langkah pengisian dijelaskan dari mana sumber data pengisian (dokumen yang terkait dengan point yang diisi).

Peserta juga dapat mengidentifikasi data apa yang belum lengkap dari sistem tersebut, sehingga dapat melakukan perbaikan pengisian data sebelum data dikirim untuk proses mengeluarkan barang impor dari pelabuhan. ENH




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline