Lihat ke Halaman Asli

Eko Endarmoko

Pendidik di SMP N 3 Bringin - Jawa Tengah

Menjelajahi Fenomena untuk Membangkitkan Pertanyaan

Diperbarui: 30 Januari 2024   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gambar dihasilkan oleh bing image creator

Mengamati merupakan salah satu langkah penting dalam proses pembelajaran yang mengundang siswa untuk menggunakan panca inderanya dan menjelajahi fenomena di sekitar mereka. Langkah ini membuka pintu bagi pemahaman yang mendalam tentang berbagai mata pelajaran, memungkinkan siswa untuk merasakan langsung atau melalui media audio visual. Artikel ini akan menjelaskan pentingnya mengamati sebagai langkah awal dalam proses pembelajaran.

Mengapa Mengamati?

Mengamati tidak hanya sekadar melibatkan indera, tetapi juga mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Setiap mata pelajaran memiliki fenomena yang unik dan relevan, seperti mengamati pelangi dalam IPA, mendengarkan percakapan dalam Bahasa Inggris, membaca teks dalam Bahasa Indonesia, mencicipi iga bakar dalam prakarya, dan mengamati banjir dalam IPS. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjelajahi dunia mereka dengan cara yang berbeda-beda.

Langkah Pembelajaran Mengamati

  1. Persiapan Guru:Sebelum pembelajaran dimulai, guru perlu melakukan persiapan dengan menemukan atau mempersiapkan fenomena yang sesuai dengan mata pelajaran. Guru juga merancang kegiatan pengamatan yang dapat merangsang siswa untuk menemukan masalah atau kesenjangan pengetahuan (gap of knowledge).

  2. Pengamatan Langsung dan Media Audio Visual:Siswa dapat melakukan pengamatan langsung terhadap fenomena atau menggunakan media audio visual. Ini membantu mereka merasakan atau melihat fenomena dengan cara yang lebih mendalam, memberikan pengalaman yang lebih berkesan.

  3. Penemuan Masalah (Gap of Knowledge):Hasil yang diharapkan dari langkah pembelajaran ini adalah siswa menemukan masalah atau gap of knowledge. Mereka dapat menyadari hal-hal yang belum diketahui atau belum dapat dilakukan terkait dengan fenomena yang diamati.

  4. Bimbingan Guru:Pada langkah ini, guru dapat membantu siswa menginventarisasi segala sesuatu yang belum diketahui tersebut. Diskusi kelas, pertanyaan panduan, dan refleksi dapat membantu siswa mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu dipahami lebih lanjut.

Manfaat Kegiatan Mengamati

  1. Aktivasi Pengetahuan Awal:Mengamati membantu mengaktifkan pengetahuan awal siswa dan membawa mereka lebih dekat dengan konsep yang akan dipelajari.

  2. Peningkatan Keterlibatan:Siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan keterlibatan dan minat mereka terhadap mata pelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline