Lihat ke Halaman Asli

Eko Endarmoko

Pendidik di SMP N 3 Bringin - Jawa Tengah

Materi Hardware Komputer dengan PBL dengan Memanfaatkan Handphone

Diperbarui: 30 Januari 2024   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas seorang guru membutuhkan strategi dalam menyampaikan suatu materi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh peserta didik. Dalam dunia yang semakin terhubung ini, belajar tentang hardware komputer bisa jadi tantangan seru. Apalagi kalau kita membawa konsep pembelajaran berbasis proyek (PBL) ke dalam kelas. Artikel ini akan membahas kehebatan PBL dalam konteks hardware komputer, khususnya untuk anak-anak yang mungkin hanya memiliki handphone sebagai sumber belajar utama. Mari kita jelajahi dunia pembelajaran yang interaktif dan seru!

Pendahuluan: Menjadikan Hardware Teman Akrab

Ketika teknologi semakin maju, belajar tentang hardware komputer menjadi semakin penting. Bagaimana kita bisa memahami dan memanfaatkan perangkat yang kita gunakan sehari-hari? Di tengah keterbatasan sumber daya seperti hanya memiliki handphone, kita bisa menjawab pertanyaan tersebut melalui metode pembelajaran berbasis proyek.

Mengenal Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL)

PBL bukan hanya metode pembelajaran biasa. Ini adalah pengalaman nyata, di mana peserta didik belajar sambil menciptakan sesuatu yang nyata. Dalam konteks hardware komputer, ini berarti peserta didik kita tidak hanya tahu apa itu CPU atau RAM, tapi mereka benar-benar membangunnya!

Tantangan Handphone sebagai Sumber Belajar Utama

Kita paham bahwa tidak semua peserta didik memiliki akses ke komputer di rumah. Handphone mungkin satu-satunya alat mereka untuk belajar. Oleh karena itu, kita perlu menciptakan pembelajaran yang dapat diakses dan bermanfaat melalui perangkat ini.

Materi Hardware Komputer di Kelas 7: Proyek Langsung dari Handphone

  1. Menjelajahi Anatomi Handphone:Siswa diminta untuk melakukan proyek membedah handphone mereka. Dengan bimbingan, mereka dapat mengidentifikasi komponen utama seperti CPU, RAM, dan baterai.

  2. Simulasi Bangun PC Virtual:Kita bisa memanfaatkan aplikasi atau platform daring untuk memberikan pengalaman simulasi membangun komputer virtual. Siswa dapat merakit komponen secara virtual dan melihat bagaimana semuanya berinteraksi.

  3. Desain Poster Edukatif:Siswa diminta membuat poster edukatif tentang berbagai komponen hardware komputer dan fungsinya. Poster ini bisa dibuat menggunakan aplikasi desain yang dapat diakses dari handphone.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline