Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan AI dalam Dunia Kesehatan

Diperbarui: 11 September 2023   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama beberapa tahun terakhir perkembangan teknologi hasil karya manusia berkembang begitu cepat dan telah menyesuaikan keadaan zaman. Seperti halnya perkembangan kecerdasan buatan manusia atau yang biasa disebut sebagai Artificial intelligence. 

Dalam meningkatkan data pelayanan kesehatan menunjukkan kecerdasan buatan (AI) akan semakin banyak diterapkan. kini AI banyak digunakan perusahaan untuk meningkatkan perawatan klinis dan mengembangkan algoritma yang biasanya dapat membantu petugas kesehatan memeriksa indikasi penyakit pasien tertentu.

Tujuan dari sistem pakar itu sebenarnya bukan untuk mengubah kemampuan otak maupun skill dalam diri manusia. Tujuan diciptakannya teknologi (AI) ialah memberikan keuntungan bagi aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Artificial intelligence telah mengubah banyak industri,salah satunya tentang dunia kesehatan mental. Teknologi AI sudah banyak menyalurkan banyak manfaat bagi para profesional kesehatan. Berikut contohnya :

1. Pengobatan kanker dengan terapi gen

2. Robot untuk operasi bedah

3. Diagnosis penyakit menggunakan citra medis

4. Pemantauan kondisi pasien secara jarak jauh

5. Pemberian obat-obatan dengan dosis yang tepat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline