Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Menulis itu Hidup

Aku Tak Tahu, Maka Aku Membaca

Diperbarui: 6 Desember 2020   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri foto Eko Irawan

Aku tak tahu, maka aku membaca. Mengembara dalam lautan kata. Jika tak bertemu aku bertanya. Mencari ilmu hingga keujung dunia.

Belajar itu tak harus sekolah. Belajar itu harus jadi Hobby. Membaca kuncinya. Pahami maknanya. Dan tulislah.

Tak perlu nunggu diperintah. Ikuti saja kata hatimu. Disitu hidupmu berarti. Jika dikoreksi jangan kecil hati. Kita semua sedang belajar berbagi. Saling melengkapi.

Tak perlu sombong jika sudah tahu. Jangan merendahkan jika yang lain belum tahu. Salinglah memotivasi. Sebarkan semangat mencari. Bukan saling memusuhi.

Terus berkarya. Jangan suka menunda. Jangan hanya pandai bicara, tapi abadikan dengan karya. Tak perlu takut menulis. Sekalipun tak ada yang baca. Abadikan apa yang kau temukan, untuk generasi mendatang.

*********

Motivasi Ruang Kelas Alternatif hari ini, tentang membaca.

Membaca itu penting. Buat yang malas baca, atau baca setengah setengah saja, sudah pasti pemahamannya juga tidak maksimal. Manusia dibekali otak dan panca Indra itu untuk belajar. Belajarlah sepanjang usia. Bayi yang baru lahir saja bisa tumbuh juga karena proses belajar. Jangan takut jatuh. Apapun karyamu, pasti ada yang menilai dan mengapresiasi. Jadilah inspirasi bagi yang lain. Semangat berbagi dan saling melengkapi harus kamu miliki. Jangan sombong dan sok, jika sudah mengetahui sesuatu. Kamu belum hebat jika ilmumu kamu simpan sendiri dan digunakan untuk mentertawakan yang tidak paham. Doronglah mereka yang belum tahu agar belajar. 

Semoga menginspirasi

Malang, 6 Desember 2020

Oleh Eko Irawan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline