Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Menulis itu Hidup

Mati Ide? Buka "Gudang Kreatifmu" Bung!

Diperbarui: 31 Agustus 2018   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

vitadaily.ca

Saat Kamu punya project apakah menulis, event komunitas atau apapun itu, Kamu di tuntut punya ide briliant. Namun tiba tiba Kamu mati ide. Apa yang harus dilakukan?

Management ide

Ide sebenarnya ada disetiap kepala. Namun ide ide itu tidak dikelola dengan baik dan sistematis. Diperlukan Management ide agar kasus mati ide bisa teratasi. Siapa yang harus menatanya? Ndak perlu jauh jauh cari konsultan, karena yang harus menatanya adalah dirimu sendiri. Ndak bisa? Alasannya belum tahu atau tidak pernah kuliah management. 

Tenang saja, belum ada Jurusan Management ide di Kampus Manapun. Jadilah dosen untuk dirimu sendiri. ide ide itu ada dan selalu tersedia dengan gratis di dalam pikiranmu. ide itu melintas dan tertangkap panca indramu. Terlintas beberapa saat dalam pikiranmu. Namun akan hilang sesaat setelah ada aktivitas lain yang kamu lakukan.

Kelola Ide dengan Mencatat

Ide idemu mengalir bagai udara. Sangat segar bagi yang mau menghirupnya. Jawaban dari Management ide sebenarnya kemauan. Mau ndak menata ide ide yang lalu lalang di dalam pikiranmu. Kadang kamu menganggap ide yang tiba tiba muncul itu tidak penting, sehingga kamu mengabaikannya. Penting atau tidak, sebenarnya ide ide itu wajib dikelola lho. 

Saat anda bangun tidur, sebenarnya banyak ide yang bisa digali, Misal Kamu punya kebiasaan meminum air putih. Dari air kamu minum sebenarnya ide yang bisa jadi bahan idemu lho. Sepanjang aktivitas idemu, sebenarnya banyak sumber ide yang akan muncul. 

Kesalahannya, Kamu tidak punya waktu untuk mencatat ide ide itu. Merekam ide adalah sebuah pekerjaan sepele yang tidak pernah kamu lakukan dan kamu remehkan. Jika kamu mampu kelola ide idemu dengan wujud catatan, suatu saat kamu pasti punya gudang ide.

Gudang Ide, Sumber Inspirasi

Catatan yang bagaimanakah yang bersifat merekam ide idemu itu?  Catatan simple aja kok. Ndak perlu bikin skripsi atau tesis kok. Secarik kertas lusuh bisa jadi emas permata jika didalamnya kamu tulis sesuatu tentang ide supermu. Catat, simpan, catat simpaan. Kumpulkan ditempat biasa Kamu berkontemplasi. Kumpulkan aja dengan metode suka suka. 

Asal mudah kamu temukan kembali untuk di review ulang pada saat kamu mati ide. Jika kamu sudah punya gudang idemu sendiri, Kasus mati Rasa No way Bung! Kamu tinggal buka gudang kreatif milik kamu sendiri dan temukan ide briliantmu. ada berjuta juta inspirasi bisa kamu temukan jika kamu sudah melakukan ini beberapa tahun lalu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline