Lihat ke Halaman Asli

Eko Irawan

Menulis itu Hidup

Dari Hobimu Mampukah menjadi Penentu Karier Masa Depanmu?

Diperbarui: 23 Agustus 2018   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

elearning.uty.ac.id

Tantangan Mencari Peluang Kerja dewasa ini adalah sebuah proses yang penuh persaingan. Tiap Tahun Lulusan SMA/SMK dan Perguruan Tinggi berebut lowongan pekerjaan baik di sektor Pemerintahan maupun di dunia Usaha swasta. 

Ditengah sulitnya memperoleh pekerjaan, terpikirkah menciptakan peluang usaha bagi diri sendiri dan memberi peluang pada orang lain? Bahkan peluang itu bisa dari hobbymu sendiri sebagai penentu karier masa depanmu? Yuk kita bahas bersama, semoga tulisan ini bisa menginspirasi jika hobbymu ternyata bisa menjadi penentu karier di masa depanmu.

1. Temukan Hobi kreatif dalam dirimu sendiri

Kenapa Jauh mencari, jika dalam dirimu sendiri tersimpan potensi kreatif. Selama ini Kamu sibuk mencari peluang diluar. Ada banyak kriteria yang harus kamu penuhi dan tiap instansi punya standar sendiri sendiri. Hal yang tidak terpikirkan oleh para lulusan baru adalah menjadi pelopor dan inovator bagi dirinya sendiri dan bisa jadi membuka peluang usaha bagi orang lain. 

Misal hobbymu masak. di pasaran banyak menu makanan baru yang lagi viral di medsos. Mulai makanan jepang dan berbagai menu makanan baru. Jika selama ini Kamu hanya jadi konsumen, Kapan kamu bisa ikut jadi pemain dalam bisnis ini? Ketakutan sebelum melakukan adalah penyakit akut bagi para muda membuka peluang baru, kadang belum mencoba usaha sudah memutuskan sendiri jika tidak bisa. Modal adalah alasan yang akan kamu sampaikan ketika ditanya, kok tidak buka usaha? Jawabnya tidak punya modal. 

Fakta dilapangan, banyak yang membuka usaha hanya dengan meja sederhana. itupun pinjam. Nunut diemperan orang lagi. Yang tidak kamu punya sebenarnya kemauan untuk berubah. 

Maunya instan, kerja nyantai, gaji besar. Kemauan adalah modal utama memulai sebuah usaha. Malu, Takut gagal dan menunda nunda memulai adalah alasan yang kamu buat untuk menipu diri sendiri. Why? Apa untungnya menipu diri sendiri. 

Sekarang kudu cepat tanggap. Dalam dirimu ada hobby yang bisa merubah nasibmu. Alasan tidak bisa, adalah alasan klasik, padahal tutorial ada segudang di internet. Malah Ada digenggamanmu sendiri. 

Modal bisa dicari asal yang utama ada kemauan. Pintu lowongan kerja ibarat lobang jarum kecil yang dimasuki ribuan benang yang berebut masuk. Hanya benang yang kokoh bisa menembusnya. 

Sembari menunggu kamu dipanggil kerja, kenapa tidak mengembangkan hobbymu yang kreatif yang bisa merubah nasibmu? Jika kamu bilang tidak punya hobby...sungguh aneh jawaban itu. Berarti Kamu tidak mengenal dirimu sendiri sebenarnya siapa, bisa apa dan kamu jelas tidak punya tujuan hidup. Ayo Bung, Jangan menipu diri sendiri. Bersyukurlah, Karena dalam dirimu ada kemampuan rahasia Anugerah Ilahi yang belum terungkapkan.

2. Kembangkan bakat minatmu Semaksimal mungkin

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline