Lihat ke Halaman Asli

Eka Nawa Dwi Sapta

Penulis lepas

Antara Kaum Blangsak dan Privilese

Diperbarui: 27 November 2019   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: mencari jati diri. (sumber: pixabay)

"Orang tidak akan jadi kaum blangsak kalau dia bisa keluar dari jerat kemiskinannya." --unknown, Netizen. 

Beberapa hari yang lalu, medsos diramaikan dengan pemilihan stafsus presiden, yang konon usianya baru menginjak 23 tahun. Hal ini mendapat sorotan media maupun berbagai kalangan, salah satunya muncul dari kelompok pegiat seni dan sastra, yang mempopulerkan istilah "Privilese' dan 'kaum blangsak'. Sebut saja si x bersama si y sedang membela stafsus muda tsb.

Tidak aneh memang, orang-orang kelas sosial tertentu memang kerap membela kelompok mereka, maupun kelas menengah-bawah yg ikut-ikutan membela dan kerap dicap 'penjilat' oleh sesamanya. 

Dengan dalih apapun, terhadap profesinya, terhadap tugasnya, dan perannya hingga mereka berani terang-terangan meragukan kaum-kaum bawah atau menurut seorang penulis novel kenamaan bernama E, orang-orang blangsak.

Isu ini bermula dari netizen yg meragukan kapabilitas seorang stafsus muda tsb, bagaimana toh? kerja saja belum kok orang-orang ramai menggiring opini begini. Sentimen narasi media dibumbui "kejulidan" dan kecemburuan sosial sebetulnya menjadi cikal bakal kekesalan dengan stafsus yang tidak bersalah tsb. Kala berbagai macam berita online memuat headline yang kelewat biasa saja, "Wow! Stafsus Presiden Termuda Usia 23."

Pada saat yang sama, usia 23 tahun anak muda di negara tercinta ini baru saja (rebahan) menyelesaikan pendidikan S-1 mereka, atau baru meniti karir menjadi pegawai, beberapa lagi tidak beruntung melanjutkan pendidikan memilih jadi buruh kasar, dan tak bisa dijabarkan semua profesi pada anak-anak muda usia 23 tahun ini.

Berbanding terbalik 1000% dengan si staf muda,  di usianya  23 tahun  sudah menjadi stafsus, usia 15 sudah menjabat ini, pernah rugi 500 milyar, pernah kuliah di kampus paling bergengsi di dunia, dll.  Lalu muncul pertanyaan ironi di akhir narasi atau caption media yang bertanya, "Apa yang sedang Anda lakukan di usia 23 tahun ?"

Mendapati pertanyaan teramat mudah dijawab, namun nyesek dijelaskan kendati perbedaannya yang amat mencolok, pastilah memancing kekesalan netizen. Alih-alih memuji, orang-orang mulai mempertanyakan perihal peran privilese, ya atas kedudukkan orang tuanya. Di usia 15 tahun, katanya sih ia tidak meminta modal sama sekali pada ayahnya.

Namun pernyataan ini ditentang oleh netizen, menurut mereka tanpa si Dia meminta perlakuan khusus, orang-orang pasti akan memberikan keistimewaan padanya sebab pada nama belakangnya terselip nama ayahnya. Lah ini level julidnya sudah makin menjadi-jadi? 

Pada dasarnya tidak ada orang yang memilih orang tua ketika akan dilahirkan, semua terjadi dengan sendirinya-atas kontruksi takdir. Terlahir kaya sejak dini atau menjadi kaum blangsak memanglah satu-satunya jalan yang tak bisa ditolak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline