Lihat ke Halaman Asli

Membangun Suara Demokrasi Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Diperbarui: 13 Maret 2024   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri (dokumen pribadi)

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk memperkuat berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk mendorong upaya desakan kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang Disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.

 Pelaksanaan P5 dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Salah satu agenda dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada implementasi kurikulum merdeka di sekolah adalah tema "Suara Demokrasi". 

Tujuan pelaksanaan projek suara demokrasi adalah agar para siswa mampu mengimplementasikan system demokrasi pada satuan pendidikan, membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi siswa, serta melatih siswa untuk berorganisasi serta menyalurkan minat dan bakat siswa dalam berorganisasi.

Pelaksanaan P5 dengan teama "Suara Demokrasi" di SMP N 2 Talang dilaksanakan dari tanggal 20 s.d 25 November 2023. Rangkaian kegiatannya dimulai dengan memberikan materi pengantar tentang Suara Demokrasi kepada para siswa, kemudian para siswa diberikan tugas untuk membuat poster mengenai suara demokrasi pada aplikasi canva. 

Pada hari berikutnya siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok untuk mengerjakan penugasan yaitu membuat yel-yel yang akan dinyanyikan pada saat penyampaian visi dan misi oleh kandidat ketua OSIS. Hari keempat kegiatan P5, Kamis menjadi hari yang penuh dengan kegiatan penting, dimana para siswa kelas 7 dan 8 berkumpul di halaman sekolah untuk menyaksikan penyampaian visi dan misi dari masing-masing kandidat ketua OSIS.

Adapun kandidat ketua osis pada pelaksanaan P5 kali ini terdiri dari 4 siswa dari kelas 8.

dokpri (dokumen pribadi)

Setelah masa kampanye usai, selang sehari kemudian tepatnya pada hari Jumat tanggal 24 November 2023 dilakukan pemungutan suara langsung yang diikuti oleh seluruh civitas akademika SMP N Duta yaitu Guru, TAS, dan siswa. Pencoblosan dilakukan dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disediakan oleh panitia di sekolah, tepatnya di Lapangan Volly.

dokpri (dokumen pribadi)

Penghitungan hasil pemungutan suara calon ketua OSIS dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) SMP Negeri 2 Talang. Dengan adanya kegiatan P5 Suara Demokrasi dengan sub tema "Pemilihan Ketua OSIS, Ajang Pembelajaran Demokrasi di SPENDUTA" diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa berupa karakter Profil Pelajar Pancasila untuk menjadi warga negara Indonesia yang baik. Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline