Lihat ke Halaman Asli

Tri Hita Karana

Diperbarui: 21 September 2023   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA: Wayan Eka Setyawan

NIM: 2317041099

PRODI: S1 MANAJEMEN

MK: TRI HITA KARANA

KELAS/ROMBEL: 16

PENGAMPU: I Wayan Putra Yasa, S.Pd, M.Pd

THK SECARA UMUM,dibagi menjadi 3

Parahyangan,parahyangan mengacu pada hubungan yang harmonis antara manusia dan Tuhan. Dipercaya bahwa manusia bukanlah satu-satunya makhluk hidup di bumi dan ada makhluk lain yang tidak terlihat oleh mata manusia. Oleh karena itu, masyarakat Bali percaya bahwa mereka harus menjaga hubungan yang harmonis dengan makhluk-makhluk tersebut dan dengan Tuhan. Hal ini dilakukan melalui berbagai upacara keagamaan dan persembahan.

Pawongan,Pawongan mengacu pada hubungan yang harmonis antara manusia dengan manusia lainnya. Dipercaya bahwa manusia adalah makhluk sosial dan harus menjaga hubungan yang harmonis dengan sesama manusia. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan sosial seperti gotong royong, ngayah, dan kegiatan sosial lainnya.

Palemahan,Palemahan mengacu pada hubungan yang harmonis antara manusia dan alam. Diyakini bahwa manusia bukanlah satu-satunya makhluk hidup di bumi dan harus menjaga hubungan yang harmonis dengan alam. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan kegiatan lingkungan lainnya.

A. THK ADAT ISTIADAT

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline