Lihat ke Halaman Asli

Eka Savitri Hakim

Doyan kopi tapi gak maniak, suka donat apalagi gratisan.

Ulang Tahun

Diperbarui: 7 Oktober 2021   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Disadari atau tidak, semakin bertambahnya usia semakin kritis pula seseorang dalam berpikir dan memiliki pandangan akan sesuatu. Termasuk cara dalam melihat ulang tahun. Kenapa banyak yang masih bahagia ketika umurmu jelas-jelas berkurang? Tiap menit, detik, semuanya berjalan bahkan ketika saya sedang mengetik tulisan ini dan kamu yang membaca tulisan, waktu saya terbuang untuk memikirkan kalimat serta untaian kata mengenai ulang tahun. Dan waktumu terbuang untuk membaca tulisan ini.

Ulang tahun, huh?
Saya sering kali iri dengan teman-teman saya yang mana banyak teman-teman yang ketika ulang tahun itu banyak yang mengucapkannya. Saya merasa bahwa manusiawi jika saya memiliki rasa iri. Karena rasa iri hadir ketika saya tidak mempunyai atau merasakan yang dirasakan teman-teman saya.

Saya sempat berpikir, untuk apa ya diberikan ucapan selamat ulang tahun jika mereka banyak ingat hanya karena pengingat yang suka muncul disosial media?

Lalu saya berinisiatif menyembunyikan ulang tahun saya dari khalayak banyak, terutama teman-teman saya. Saya sembunyikan ulang tahun saya yang ada di sosial media. Saya tidak memberi sandi kepada teman, jikalau saya sebentar lagi ulang tahun, dan lain hal yang menjurus kesana. Awalnya saya coba-coba karena hanya ingin tahu siapa saja yang mengingat ulang tahun saya. Nyatanya saya dulu itu terlalu naif, atau mungkin sampai sekarang? Ditanggal kelahiran saya berlangsung ternyata tidak ada yang mengucapkannya.

Sakit. Saya naif dan terlalu polos.

Tapi nyatanya itulah yang membuat saya menjadi tidak berharap apa-apa dihari kelahiran saya. Enam tahun berlalu dengan kegiatan yang dimana saya menyembunyikannya hingga sekarang. Dan tidak saya pungkiri, terkadang rasa sakit masih suka hadir walau tidak sebesar pertama kali saya melakukan kegiatan itu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline