Lihat ke Halaman Asli

Eka Sarmila

Long Life Learner

Elaborasi Jualan Online di Media Sosial dan Marketplace, Ini Tipsnya Supaya Makin Cuan!

Diperbarui: 26 Juni 2023   08:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto. Benzoix dari Frepik.com

Belanja online kian jadi favorit dan diburu banyak orang. Alasan utamanya, harga barang yang dipasarkan secara online terkadang lebih murah dibandingkan harga toko. 

Alhasil banyak konsumen yang beralih dan toko-toko online pun kian menjamur di mana-mana. Selain bisa menghemat budget dan pengeluaran, ada beberapa alasan lain yang membuat kebiasaan ini jadi pilihan. 

Mulai dari menghemat waktu hingga kemudahan sistem pembayaran yang ditawarkan. Bahkan, sistem kredit juga ditawarkan dalam mekanisme pembayaran belanja online. 

Tingginya permintaan dan peluang pasar yang ditawarkan membuat banyak toko konvensional yang juga berlomba berjualan online. Pilihan pasarnya pun beragam mulai dari media sosial hingga marketplace. 

Semua bisa diekspansi untuk meraih cuan sebesar-besarnya. Lantas, bagaimana optimalisasi terbaik dari jualan online dalam rangka mencari cuan sebanyak-banyaknya?

Membangun Personal Branding Produk di Media Sosial!

Foto. rawpixel.com dari freepik.com

Daripada sibuk membahas mana lebih untung, jualan di marketplace atau media sosial? Kalau bisa maksimalkan keduanya, kenapa hanya pilih salah satu? Toh, keduanya bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma. 

Akan tetapi, ada perbedaan mencolok yang bisa dimaksimalkan. Misalnya, di mana pasar utama saya akan menjual produk? Baik media sosial ataupun marketplace keduanya bisa jadi target pasar bisnis owner. 

Hanya saja, fitur mana yang akan Anda maksimalkan sebagai bisnis owner. Pada media sosial misalnya, media sosial bisa dijadikan tempat untuk berjualan online. Namun, media sosial punya dampak yang lebih besar membangun branding produk.

Jika dahulu para bisnis owner harus mengeluarkan budget lebih untuk memasarkan produk dengan iklan. Kini, akun official dari produk yang dibangun brandingnya bisa jadi citra diri dari produk tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline