Lihat ke Halaman Asli

eka saputra

Guru IPAS

Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK dengan Model PBL pada Pelajaran IPAS

Diperbarui: 3 November 2023   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Motivasi belajar siswa adalah salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Di sekolah menengah kejuruan (SMKN 2 Sungai Penuh-Jambi), motivasi belajar menjadi elemen krusial dalam mencapai hasil yang baik, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Dalam sebuah penelitian terbaru, model Problem Based Learning (PBL) telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas X SMKN 2 Sungai Penuh pada mata pelajaran IPAS.

Apa itu Model Problem Based Learning (PBL)?

PBL adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada student center, yang menekankan kerja kelompok, pemecahan masalah nyata, dan penerapan konsep dalam situasi sehari-hari. Dalam penelitian ini, 50 siswa SMKN 2 Sungai Penuh terlibat dalam eksperimen dengan menerapkan model PBL dalam pembelajaran IPAS.

Peningkatan yang Signifikan dalam Motivasi Belajar

Hasil penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah penerapan model PBL. Sebelumnya, banyak siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam pembelajaran IPAS. Namun, ketika mereka terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, mereka menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran.

Siswa merasa lebih terlibat dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang materi pelajaran. Mereka belajar bagaimana menerapkan teori ke dalam situasi nyata dan merasa lebih termotivasi karena melihat hasil konkret dari usaha mereka.

Pengembangan Keterampilan Penting

Selain meningkatkan motivasi belajar, model PBL juga mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kerjasama, dan pemecahan masalah. Ini adalah keterampilan penting yang akan membantu siswa berhasil di dunia nyata.

Kesimpulan

Penerapan metode Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMKN 2 Sungai Penuh pada mata pelajaran IPAS. Hasil penelitian ini memberikan dukungan kuat terhadap pendekatan inovatif ini dalam pendidikan. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pendidik untuk mengadopsi model pembelajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada siswa. Dengan PBL, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi mereka juga belajar cara menerapkannya dalam kehidupan nyata, yang membuat mereka lebih termotivasi dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline