Lihat ke Halaman Asli

Eka Royani

Fighting

Analisis Pemasaran Produk Brownies Ikan Nila

Diperbarui: 5 November 2021   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Riko 2019)

Salah satu produk olahan dari ikan nila adalah konsentrat protein ikan (KPI).  Konsentrat protein ikan adalah bentuk produk yang dibuat dengan cara memisahkan lemak dan air dari tubuh ikan yang merupakan "stable protein" dari ikan untuk dikonsumsi manusia, kandungan proteinnya lebih dipekatkan dari pada aslinya (Dewita dan Syahrul 2010). 

Penggunaan tepung konsentrat protein ikan sebagai bahan substitusi ataupun sebagai bahan fortifikasi dalam pembuatan produk pangan merupakan salah satu alternatif penggunaan yang menjanjikan, terutama dari segi kualitas zat gizi yang dihasilkan. Fortifikasi tepung KPI ikan nila ini dapat dilakukan pada brownies

Brownies adalah salah satu jenis makanan yang pembuatannya realtif mudah dan banyak disukaioleh berbagai kalangan, dari mulai anak-anak, dewasa, dan orang tua. 

Brownies merupakan jenis cake yang dibuat dari bahan-bahan dasar, yaitu gula, telur, mentega dan tepung terigu yang ditambahkan coklat (Muharramah dkk. 2016). 

Brownies adalah kue coklat yang memiliki rasa yang manis aroma yang lezat, tekstur yang tidak terlalu mengembang dan memiliki warna yang menarik. Brownies sudah banyak disediakan di toko-toko kue dengan berbagai macam variasi dan modifikasi (Windaryati dan Nafi 2013).

Brownies banyak disukai oleh berbagai kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Brownies cocok menjadi cemilan, bingkisan dan oleh-oleh. Akan tetapi, brownies pada umumnya yang sudah banyak dipasaran hanya mengedepankan cita rasa dan penampilan. 

Sedangkan, brownies ikan nila ini selain untuk memberikan cita rasa yang dapat disukai oleh konsumen, brownies ikan nila disajikan dengan kandungan nutrisi yang baik sehingga tidak hanya memberikan rasa senang dan kepuasan saat memakannya tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi konsumen.

Brownies ikan nila dibuat untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, sosiologis dan psikologis konsumen. Brownies termasuk ke dalam kebutuhan fisiologis karena brownies ikan nila karena produk ini merupakan produk makanan yang menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. 

Kebutuhan sosiologis karena brownies ikan nila dapat digunakan sebagai cemilan saat berkumpul dengan keluarga atau orang terdekat dan dapat dijadikan sebagai hadiah atau oleh-oleh untuk orang-orang tersayang atau terdekat. Selain itu, produk ini dapat memenuhi kebutuhan pdikologis karena dapat memberikan rasa senang saat memakannya saat sendiri atau bersama orang-orang terdekat.

Pesaing produk terdiri dari pesaing yang memiliki jenis produk yang sama atau disebut sebagai rival dan pesaing dengan produk yang berbeda namun dapat memenuhi kebutuhan yang sama yang disebut sebagai pesaing subtitusi. Brownies ikan nila saat ini tidak memiliki banyak rival. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline