ESENSI PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Oleh : Eka Ramadania & Suhardi
PENDAHULUAN
Study pengkajian mengenai perspektif falsafah pendidikan Islam tentang hakikat pendidik sangat penting dilakukan mengingat konsep pendidikan didunia Islam tidak terlepas dari pengaruh pandangan dunia Barat. Padahal dalam study Islam sudah memiliki sumber yang akurat yaitu Al-Qur'an, Hadits dan Ijtihad para ulama.
Di sebuah Pendidikan tidak terlepas dari yang namanya seorang pendidik, peserta didik dan yang lainnya. Kata pendidik mengarah kepada seseorang yang memberikan berbagai ilmu pengetahuan baik yang menyangkut keterampilan atau pengalaman.Menurut Ahmad Tafsir, pendidik dalam koridor Islam adalah siapa pun yang dapat bertanggungjawab dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dari peserta didik dalam segala aspek hingga mencapai tingkatan berdasarkan ajaran Islam. (Tafsir, Ahmad, 1994: 74)
Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 6, terdapat perbedaan antara tenaga kependidikan dengan pendidik dimana kependidikan adalah masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat menjadi pendorong penyelenggara pendidikan. Sedangkan pedidik adalah tenaga pendidikan yang memiliki kualitas sebagai seorang pendidik sesuai dibidangnya. (Ramayulis dan Nizar, Samsul, 2009 : 138)
Hakikat pendidik dalam konteks falsafah pendidikan Islam adalah Allah SWT yang didasari (QS.Al-Fatihah: 2) yakni Allah SWT sebagai Murobbi/pendidik, (QS. Al-Baqarah: 31) yakni Allah SWT sebagai mu'allim/pengajar dan hadits nabi tentang ta'dib. Selain Allah SWT, pendidik yang ideal dalam Islam yaitu Nabi dan Rasul (QS. Al-Baqarah: 151). (Ramayulis dan Nizar, Samsul, 2009 : 138)
PEMBAHASAN
A. Istilah Pendidik dalam Konteks Pendidikan Islam
Murobbi