Lihat ke Halaman Asli

Mau Dapat Beasiswa Kuliah? Simak Tips dan Trik Berikut Ini!

Diperbarui: 20 April 2021   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: tokopedia.com

Melanjutkan pendidikan tinggi dengan program beasiswa, bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru lulus sekolah. Kuliah dengan beasiswa, membuat kamu tidak perlu khawatir terkait biaya kuliah yang dibutuhkan.

Program beasiswa juga dapat menjadi apresiasi bagi diri kamu atas prestasi yang telah kamu raih. Tentunya terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi saat ingin mendaftar program beasiswa.

Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Mendapatkan beasiswa kuliah tentunya menjadi hal yang membanggakan. Selain mendapatkan keringanan biaya, kamu juga akan lebih termotivasi untuk terus berprestasi. Untuk mendapatkan beasiswa kuliah, kamu dapat menyimak beberapa tips dan trik berikut ini.

Kumpulkan data Prestasi Kamu

Kalo kamu punya prestasi saat mengenyam bangku SMA sederajat, maka kamu perlu mengumpulkan daftar prestasi kamu. Hal itu terkait dengan pengisian form yang biasanya harus menyertakan prestasi yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga harus mulai mengumpulkan sertifikat penghargaan atas prestasi yang kamu peroleh.

Prestasi yang dapat digunakan untuk memperoleh beasiswa kuliah biasanya adalah presatsi akademik dan non-akademik, baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional. Kamu dapat mengikuti Program Beasiswa Hebat jalur Beasiswa Prestasi di Universitas Nusa Mandiri.

Tunjukan Talenta yang Kamu Miliki

Talenta yang ada pada diri kamu sudah seharusnya untuk ditunjukan. Beberapa talenta yang dapat dipertimbangkan untuk memperoleh beasiswa adalah Hafiz Qur'an, Youtuber, Selebgram, StartUp, dan talenta lainnya. Tentunya kamu harus dapat menunjukan talenta yang kamu miliki untuk mendapatkan beasiswa kuliah.

Siapkan Rapor

Jika kamu tidak memiliki prestasi, maka kamu dapat mempersiapkan rapor kamu. Dengan nilai rapor kamu juga dapat memperoleh beasiswa. Salah satu program beasiswa rapor yang dapat kamu ikuti adalah Beasiswa Rapor Universitas Nusa Mandiri. Saat ini, pendaftaran beasiswa kuliah untuk periode 2021 masih dibuka. Kamu dapat mempersiapkan rapor kamu untuk mendaftar program beasiswa rapor.

Dapatkan Informasi Beasiswa

Memperoleh informasi beasiswa terbaru tentu menjadi faktor yang penting agar kamu dapat memperoleh beasiswa kuliah. Kamu dapat mengikuti beberapa akun pemberi info beasiswa baik di sosial media maupun situs tertentu. Kamu juga dapat memperoleh informasi beasiswa melalui situs atau akun resmi dari suatu perguruan tinggi.

Mendaftar Program Beasiswa

Setelah kamu memperoleh informasi terkait tanggal pendaftaran beasiswa, maka selanjutnya kamu dapat mendaftar. Pastikan kamu sudah melengkapi semua berkas yang diperlukan untuk mendaftar program beasiswa kuliah.

Siapkan Diri untuk Wawancara

Kamu harus mempersiapkan diri kamu untuk wawancara. Sebagian besar program beasiswa akan mewawancara calon penerima beasiswa. Siapkan jawaban terbaik sehingga kamu menjadi kandidat kuat penerima beasiswa kuliah.

Kini kamu dapat mendaftar beasiswa melalui Beasiswa Hebat Universitas Nusa Mandiri. Beasiswa ini mencakup Beasiswa Prestasi, Beasiswa Rapor, Beasiswa Talenta, dan Beasiswa Magister.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline