Lihat ke Halaman Asli

7 Kampus dengan Beasiswa Prestasi untuk Jenjang Sarjana

Diperbarui: 5 April 2021   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: republika.co.id

Beasiswa prestasi menjadi salah satu program untuk masuk ke perguruan tinggi. Saat ini program beasiswa prestasi dapat dijumpai di beberapa kampus di Indonesia. Ketika kamu ingin mendapatkan beasiswa prestasi, kamu dapat memilih beberapa kampus berikut ini.

Daftar Kampus dengan Beasiswa Prestasi

Saat ini, banyak dijumpai program beasiswa untuk masuk ke beberapa perguruan tinggi. Beberapa program beasiswa yang ada tentu akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan beasiswa kuliah melalui jalur prestasi. Berikut beberapa kampus yang membuka program Beasiswa Prestasi untuk jenjang Sarjana.

Beasiswa  Jababeka President University

Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa yang akan kuliah di President University. Dengan jalur presasi, kamu dapat masuk ke perguruan tinggi ini tanpa melalui test seleksi.  Prestasi dapat berupa prestasi di bidang akademik maupun non-akademik (olahraga, seni dan sosial budaya).

Selain prestasi yang dimiliki, nilai rapor juga dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk memperoleh beasiswa. Jika kamu aktif dalam kegiatan organisasi sekolah atau menjadi finalis olimpiade juga dapat dijadikan sebagai poin tambah untuk dapat diterima melalui program Beasiswa Prestasi.

Beasiswa Prestasi STMIK Nusa Mandiri

Sebagai bentuk apresiasi kepada calon mahasiswa yang berprestasi, STMIK Nusa Mandiri memiliki program Beasiswa Hebat. Beasiwa ini terdiri dari 4 jenis program beasiswa yaitu Beasiswa Prestasi atau Kejuaraan, Beasiswa Rapor, Beaisiswa Talenta, dan Beasiswa Magister. Untuk jenjang S1, kamu dapat memilih program beasiswa prestasi atau kejuaran, rapor, dan talenta.

Beasiswa Prestasi diperuntukan untuk siswa/siswi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang memiliki prestasi dibidang Akademik (Karya ilmiah, olimpiade, dan lainnya) dan dibidang Non-Akademik (Olahraga, Seni Budaya, dan lainnya).  Maksimal usia saat mendaftar beasiswa  ini adalah 30 tahun. Kamu akan mengikuti wawancara online sebagai bagian dari seleksi penerimaan beasiswa.

Jika kamu memiliki rata-rata nilai rapor minimal 70 di kelas X dan XI, kamu dapat mengikuti program Beasiswa Hebat Rapor. Untuk penerimaan program beasiswa ini, kamu akan melakukan Test Potensi Akademik melalui aplikasi M-Tryout. Beasiswa ini dapat diikuti untuk kamu yang lulus SMA/SMK/Sederajat pada tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Selain itu, jika kamu memiliki talenta (Hafidz Qur'an, Youtuber, Selebgram, StartUp, dll) kamu dapat mendaftar melalui program beasiswa Talenta. Sebagai langkah akhir penerimaan beasiswa ini, kamu akan melakukan test wawancara online. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, kamu dapat menghubungi panitia beasiswa STMIK Nusa Mandiri.

Universitas Tarumanagara

Kampus ini merupakan salah satu kampus yang telah memiliki akreditasi A. Universitas Tarumanagara memberikan beasiswa hingga SPP 100% untuk calon mahasiswa baru berdasarkan nilai rata-rata rapor yang di miliki di kelas X dan XI. Untuk dapat memperoleh beasiswa, calon mahasiswa harus melalui psikotest sebagai bahan pertimbangan untuk memperoleh beasiswa SSP.

Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menjadi salah satu kampus terbesar di Jakarta. Kampus ini juga mebuka program beasiswa untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi. Kamu dapat masuk melalui program beasiswa prestasi dengan melampirkan beberapa persyaratan yang diperlukan. Selain itu, kamu juga perlu melalui beberapa tahapan pendaftaran. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat menghubungi panitia penerimaan beasiswa Universitas Trisakti.

Binus University

Saat ini, kamu dapat masuk ke Binus University melalui program beasiswa dengan prestasi yang telah kamu raih di bangku SMA/SMK/Sederajat. Selain prestasi, kamu juga dapat memperoleh beasiswa dengan nilai rata-rata raport lebih dari 70 pada tiap semesternya. Kamu harus mengikuti Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS) untuk masuk ke Binus University melalui program beasiswa ini. Informasi selengkapnya, dapat kamu peroleh melalui website Binus.

Universitas Bina Sarana Informatika

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline