Lihat ke Halaman Asli

Cara Mengubah Dunia : Pemuda dan Inovasi

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era globalisasi ini hukum rimba masih tetap berlaku, siapa yang beradaptasi dan menjadi yang menonjol diantara sekian banyak persaingan yang ada, tentu dialah pemenangnya. Mungkin dalam hal ini persaingan yang dimaksud bukanlah persaingan mendapatkan makanan atau kebutuhan pokok, akan tetapi lebih kepada persaingan inovasi, bahasa sederhananya: perang ide.

Seperti yang kita ketahui bersama, pemuda adalah sesosok karakter yang berada pada fase yang paling bersemangat dalam hidupnya, berani bermimpi, berani membuat perubahan, menyukai tantangan, dan selalu berharap menemukan hal baru setiap harinya. Pertanyaannya cuma satu: "Beranikah setiap pemuda mengambil langkah awal yang menjadi batu pijakan bagi mereka untuk berlari mengejar mimpinya?" Pertanyaan yang cukup direfleksikan dalam diri masing-masing tiap generasi muda.

Bercermin dari karakteristik pemuda yang enerjik dan selalu ingin tahu, dari hal tersebut akan muncul bermacam bentuk inovasi yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh generasi sebelumnya. Biasanya, langkah awal dari  para pemuda untuk mewujudkan inovasi ini adalah dengan mencari pengetahuan yang seluas-luasnya dari organisasi. Ya, tidak selamanya passion yang dimiliki tiap pemuda sesuai dengan kuliah yang saat ini dijalani, untuk itu dibutuhkan media yang mampu membuat para pemuda berhasil menggali potensi diri masing-masing dan melakukan inovasi yang mereka impikan. Media tersebut adalah organisasi.

Jenis organisasi memang banyak, akan tetapi yang kini dibutuhkan para pemuda adalah sebuah organisasi yang mampu mencakup pemikiran global, fokus kepada pengembangan jati diri, dan pengasahan kemampuan  leadership masing-masing pemuda, tentu dengan harapan akan terciptanya suatu inovasi di kehidupan yang akan datang. Pada era globalisasi saat ini, pemuda membutuhkan organisasi yang memiliki konsep itu, salah satunya seperti AIESEC.

AIESEC adalah organisasi internasional yang dijalankan sepenuhnya oleh para pemuda di lebih dari 110 negara dan menjadi platform untuk pengembangan leadership.

AIESEC memiliki visi untuk melibatkan seluruh pemuda di dunia untuk bersama-sama mengembangkan potensi kepemimpinan masing-masing dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik di masa mendatang. Pengembangan leadership tersebut dilakukan melalui AIESEC Experience yang berupa:

1.   Global Community Development Program

Memberi kesempatan untuk mengimplementasikan practical skills dan soft skills anak muda dengan menjalankan social project di luar negeri bersama dengan pemuda lain dari lebih 110 negara di dunia.

2.   Global Internship Program

Memberi kesempatan bagi anak muda untuk magang di sebuah perusahaan di luar negeri dalam bidang pendidikan, management, dan teknik.

3.   Team Leader Program

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline