Lihat ke Halaman Asli

Eka Mira Novita Subroto

Mahasiswa Teknik Informatika UIN Maulana Malik Ibrahim Malang #Sistem Informasi #SI2023

Sudahkah Perusahaanmu Menerapkan Analisis Bisnis yang Tepat?

Diperbarui: 26 November 2023   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi menganalisis bisnis (Sumber: pexels.com/AlphaTradeZone)

Pasar global saat ini semakin kompetitif. Perusahaan dari berbagai negara saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan. Dalam kondisi seperti ini, perusahaan yang ingin bertahan dan bahkan tumbuh harus memiliki keunggulan kompetitif. Lalu bagaimana cara agar perusahaan kamu dapat unggul dibandingkan perusahaan lain?

Salah satu cara untuk mendapatkan keunggulan kompetitif adalah dengan menggunakan analisis bisnis. Analisis bisnis adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Coba pikirkan sudahkah perusahaanmu menerapkan analisis bisnis yang tepat? Bagaimana analisis bisnis yang tepat itu? 

Berikut adalah poin-poin yang dapat menjadi patokan terhadap bisnis yang sedang kamu kembangkan.

Memahami Situasi Pasar

Salah satu manfaat analisis bisnis adalah untuk memahami situasi pasar. Analisis bisnis dapat digunakan untuk memahami kondisi ekonomi, tren industri, dan perilaku pelanggan.

Dengan memahami situasi pasar, perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan analisis bisnis untuk memahami bahwa permintaan produknya menurun. Perusahaan tersebut kemudian dapat mengambil tindakan yang tepat, seperti mengurangi produksi, memangkas biaya, atau mencari pasar baru.

Apakah perusahaanmu sudah memahami situasi pasar? Jika belum yuk segera analisis, dengan begitu perusahaanmu bisa lebih unggul dibanding lain. 

Menentukan Tujuan dan Sasaran

Penting untuk menetukan tujuan dan sasaran terutama sebelum bisnis tersebut dibuat. Hal ini berguna agar perusahaanmu tetap on the track tidak malah keluar dari hal yang sudah direncanakan. Selain itu, tujuan juga dapat menjadi motivasi lagi ketika perusahaan sedang mengalami penurunan. Jadi, apakah perusahaanmu sudah menentukan tujuan dan sasaran yang tepat dan sesuai dengan situasi pasar?

Mengembangkan produk dan layanan yang kompetitif

Hal yang paling penting untuk bertahan di pasar global adalah dengan memiliki produk dan layanan yang kompetitif dan mampu bersaing. Produk dan layanan yang kompetitif itu adalah produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan harga yang kompetitif.

Analisis bisnis dapat membantu perusahaan mengembangkan produk dan layanan yang kompetitif dengan berbagai cara, di antaranya:

  • Menganalisis kebutuhan dan keinginan pelanggan di berbagai negara.
  • Menganalisis produk dan layanan pesaing.
  • Melakukan riset dan pengembangan produk dan layanan baru.

Dengan mengembangkan produk dan layanan yang kompetitif, perusahaan dapat menarik pelanggan dan meningkatkan pasarnya.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline