Lihat ke Halaman Asli

Unforgettable Days Riding Tours in Australia (Part 1)

Diperbarui: 5 Januari 2016   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Into The Snow"][/caption]Amazing Riding on Snowies

Mengendarai Harley-Davidson® saat salju turun deras menjadi pengalaman paling berkesan bagi bikers group Kota Harley dalam touring Australia. Apalagi dalam situasi yang sama, bikers menghadapi kontur jalan berliku dan angin dingin yang membeku. Kondisi tersebut membutuhkan keterampilan riding dan keberanian ekstra. Awesome!

Butir-butir salju terus berjatuhan seperti tak sabar berebutan tumpah dari langit, heavy snow rain. Sebanyak 22 bikers mengendarai Harley® dengan hati-hati ride safely. Kecepatan antara 40 kilometer-60 kilometer per jam di jalanan menurun, berkelok-kelok di kawasan pegunungan Selwyn, sebelah utara Kosciuszko National Park, negara bagian New South Wales (NSW), Australia. Sebagian salju menempel di jaket, mencair menjadi air es. Sebagian lagi berkerumun di windshield dan singgah di kaca helm. Saat itu, suhu udara diperkirakan minus 3 c°.

Angin dinginnya masih terasa menyelusup. Bikers memakai jaket dan celana panjang waterproof berbahan dasar gore-tex. Selain itu, mengenakan long john semacam pakaian dalam untuk thermal, sehingga tubuh tetap terasa hangat,” kata Achmad Samsu Komar yang akrab disapa Deden, salah satu biker peserta Riding Tours Kota Harley Goes to Australia. 

[caption caption="Sebelum berangkat, salju sudah turun membasuh bumi."]

[/caption]Menurutnya, riding ketika salju turun merupakan outstanding memorable experience bagi para pengendara Harley-Davidson® yang berasal dari negara tropis. Deden mengakui, inilah pengalaman riding paling sensasional dan dramatis saat salju turun deras.

Wah, seneng banget. Jarang sekali kita bisa mengalami salju deras seperti ini. Wakturiding di NZ (New Zealand) , saya sempat merasakan salju turun, tapi tidak sebanyak dan deras di Aussie ini. Luar biasa,” kata Deden yang membonceng istri tercinta Yuyun Yulianti selama touring Kota Harley di Australia.

Sebelum touring ke Aussie, Deden berpengalaman riding reguler Bandung-Pangandaran menghadiri Wing Day, Bandung-Sukabumi Pelabuhan Ratu, Bandung-Bali (pulang-pergi), Makassar-Manado, Malaysia, Thailand, dan New Zealand dari Auckland hingga Christchurch.

Menurut Mekanik touring Australia, Howard, riding saat hujan salju masih dalam batas toleransi aman. “Don’t worry. It’s safe for all bikers. It is not slippery,” kata pria yang akrab disapa Howwie. Saat salju turun ke aspal, jalanan akan terasa kesat. Namun, kewaspadaan dan cara berkendara dengan baik dan benar tetap harus menjadi prioritas utama. “Yang penting, saat hujan salju tidak boleh ngebut,” kata pria yang hobi mengoleksi puluhan big bike, dirt bike, dan sport bike dari berbagai merek. “Surely, no speeding when snow is come. If something happen, you can handle it easy,” imbuh Howwie.

Peserta lainnya, Yonav Partana mengatakan, handling motor dalam kondisi hujan salju sebenarnya hampir sama dengan hujan air. Kecepatan sedang saja, mungkin paling tinggi 60 kilometer per jam untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Karena kita memang belum terbiasa hujan salju. Salju yang jatuh ke aspal akan segera mencair membuat jalanan licin. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan menggunakan rem depan. Gunakanlah rem belakang. Hindari penggunaan rem secara mendadak •

Bersambung...

[caption caption="Ini kali pertama saya menyentuh salju di Aussie."]

[/caption][caption caption="Tidur-tiduran di salju, saya norak ya. hihiihi.."]

[/caption][caption caption="Saya menikmati sliding. Alhamdulillah..."]

[/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline