Lihat ke Halaman Asli

Eka Herlina

Penulis lepas

Jangan Sampai Salah Langkah! Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan Resign

Diperbarui: 2 Agustus 2024   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar : Ketidaknyamanan di tempat kerja menimbulkan keinginan resign (Sumber gambar : Freepik)

Memutuskan untuk mengajukan surat resign dari pekerjaan bukanlah keputusan yang mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil langkah tersebut. 

Baik itu faktor lingkungan pekerjaan ataupun faktor yang datang dari dalam diri  karena jenuh yang membuat ingin rasanya hengkang dari pekerjaan tersebut. 

Faktor lingkungan kerja yang menimbul ketidaknyamanan membuat seseorang berpikir untuk memutuskan berhenti bekerja. 

Selain faktor ketidaknyamanan dari lingkungan, pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan dan masalah gaji serta hubungan dengan atasan juga menjadi pertimbangan seseorang mengambil keputusan segera keluar dari pekerjaan tersebut. 

Jika kamu sedang berada di situasi tersebut, merasakan tersiksa dalam ketidaknyamanan setiap kali beraktivitas melakukan pekerjaan di kantor. 

Alih-alih bertahan di tempat kerja, tentu memutuskan berhenti mungkin saja merupakan solusi terbaik yang sedang dipikirkan, bukan?

Nah, sebelum memutuskan untuk keluar dari pekerjaan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai pertimbangan agar kelak tidak timbul penyesalan di kemudian hari. 

  • Berikan Waktu Untuk Bertahan Sejenak

Beri waktu untuk diri sendiri maksimal satu tahun merasakan ketidaknyamanan tersebut. Hal ini juga akan memberikan kesempatan kita untuk berpikir dan mencari solusi dari permasalahan pekerjaan yang dihadapi termasuk ketidaknyamanan dalam bekerja. 

Memberi waktu sejenak juga memungkinkan seseorang lebih bijak dalam mengambil keputusan apakah jalan terbaik benar - benar harus keluar dari pekerjaan tersebut atau adakah solusi lainnya dari masalah tersebut.

  • Konsultasi ke Kolega

Jika dirasakan memberi waktu sejenak maksimal satu tahun tidak memberi solusi terhadap ketidaknyamanan dalam bekerja, konsultasi dengan kolega maupun mentor di kantor dan juga atasan kita jika diperlukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline