Saya dan seorang teman saling pandang di depan pintu kamar hotel sambil memegang cardlock. Diantara kami berdua tidak ada satupun yang pernah memiliki pengalaman menginap di hotel.
Di lorong hotel itu, sepasang kami mengawasi keadaan yang sepi. Antara malu untuk bertanya dan dilematis bagaimana segera memasuki kamar hotel. Singkat cerita akhirnya kami bisa memasuki kamar hotel dengan berbagai percobaan terhadap kartu tersebut termasuk menempelkan ke gagang pintu.
Saya dan teman mungkin bukan satu-satunya yang memiliki pengalaman serupa. Ada ragam tanda tanya tentang dunia hotel menari di kepala. Tentang kemewahan, dan representasi dari sebuah kehidupan orang kaya hingga hal - hal yang nyeleneh sebagai tempat orang melakukan perzinahan pasangan berselingkuh.
Semua pertanyaan pertanyaan tentang dunia perhotelan sebagian jawaban saya temukan dalam buku berjudul Hotelier’s Story yang ditulis oleh mbak CL Patterson. Salah satunya adalah keheranan saya mengapa penggerebekan kerap terjadi di hotel melati ketimbang hotel berbintang.
Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami serta jelas, buku ini memaparkan jawaban pertanyaan mengapa penggerebekkan dan razia yang sering terjadi di berbagai hotel kelas melati. Salah satunya adalah sistem pelayanan baik dari segi keamanan dan proses menginap di hotel berbintang tentu memiliki perbedaan signifikan dengan hotel berbintang.
Ada banyak cerita tentang dunia perhotelan yang diceritakan oleh Patterson di dalam buku ini. Cerita yang tentu saja lahir dari pengalaman beliau yang bekerja di dunia tersebut. Sehingga ketika membaca dan menelusuri tiap cerita, terasa turut hadir merasakan pengalaman penulis.
Menguak Isi Dapur Bisnis Perhotelan
Apa yang menarik dari sebuah tulisan yang proses kreatifnya lahir dari pengalaman yang terbilang cukup lama adalah pengetahuan dan informasi yang kredibilitas dan relate dengan apa yang terjadi di lapangan.
Hotelier’s Story tidak saja bercerita tentang tamu unik dan pengalaman hotelier, tapi juga memberi gambaran umum menarik mengenai bisnis perhotelan. Semacam menemukan sebuah pengetahuan yang bermanfaat dan menginspirasi untuk menjalankan bisnis jasa perhotelan.