Lihat ke Halaman Asli

Mahalnya Biaya Pendidikan Membodohkan Masyarakat Miskin

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kpribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya. dan tujuan pendidikan mencerdaskan kehidupan bangsa dan tidak membeda bedakan kelas sosial, pendidikan untuk semua. Namun, tidak dengan kenyataannya.

Pendidikan bermutu itu mahal, itulah kalimat yang sering terlontar di kalangan masyarakat. Mereka menganggap begitu mahalnya biaya untuk mengenyam pendidikan yang bermutu. Mahalnya biaya pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi membuat masyarakat miskin memiliki pilihan lain kecuali tidak bersekolah. Makin mahalnya biaya pendidikan sekarang ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah, seharus nya pemerintah bertanggung jawab penuh atas pendidikan warganya, karena kewajiban pemerintah untuk menjamin setiap warganya memperoleh pendidikan bermutu. Akan tetapi, kenyataan pemerintah justru ingin berkilah dari tanggung jawab. Bagai mana anak bangsa bisa memajukan negara sedangkan pemerintahnya pun mengabaikantanggungjawabnya, pemerintah dalam pelayanan pendidikan seharusnya meninjau langsung ke lembaga pendidikan yeng tersebar di indonesia, untuk memastikan warganya mengeyam pendidikan yang bermutu. Seharusnya negara/ pemerintah selain memberikan dana kepada lembaga pendidikan, pemerintah juga harus meninjau dana tersebut. Karena masih ada lembaga pendidikan yang menyalah gunakan dana pemerintah, bagai mana tujuan pendidikan dan kewajiban pemerintah bisa terpenuhi sedangkan dana yang di berikan tidak di salurkan kepada warga yang kurang mampu untuk bisa mengeyam pendidikan. Dan warga yang kurng mampu memilih pilihan untuk tidak bersekolah. Disinilah peran pemeritah harus di pertanggung jawabkan, untuk mensejahtrakan pendidikan di indonesia.

Seharusnya peran negara/ pemerintah dalam pelanyanan pendidikan harus lebih di perhatikan, untuk mensejahtrakan pendidikan di indonesia dan terwujudnya tujuan pendidikan. Supanya anak bangsa bisa mengenyam pendidikan yang bermutu dan bisa memajukan bangsa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline