Lihat ke Halaman Asli

Perlunya Peran Aparat-aparat Keamanan Pemerintah dan Warga Mewujudkan Keamanan Bersama

Diperbarui: 8 Desember 2022   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saat ini Indonesia masih belum bisa dikatakan sebagai warga yang aman dan bebas dari kejahatan. Terlihat masih banyak ditemukan pelaku kriminal seperti begal, pencopet, pencurian, pembunuhan dll yang melakukan tindakan kejahatan di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Peristiwa tindak kejahatan yang terjadi akhir-akhir ini menyadarkan kita untuk terus meningkatkan dan memperkuat keamanan di lingkungan masing-masing. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting dilakukan untuk menciptakan keamanan dan kedamaian lingkungan bersama.

Agar tidak marak peristiwa kejahatan terjadi, diperlukan aparat-aparat penegak hukum seperti polisi atau tentara untuk bergerak dalam menjaga keamanan yang lebih aktif dan sigap serta paham dalam menjalankan fungsi tugasnya tiap hari dengan disiplin, agar tercipta keamanan lingkungan yang lebih baik lagi. Sehingga masyarakat merasa lebih aman dan terjaga kedepannya. Dan juga bagi wilayah-wilayah yang masih rawan kejahatan pun bisa terjaga keamanannya.

Meskipun aparat-aparat keamanan pemerintah sudah menjamin keamanan kita, kita sebagai warga harus turut ikut berpartisipasi dalam menciptakan keamanan lingkungan bersama dan meminimalisir tindak kejahatan jika suatu saat nanti terjadi secara tiba-tiba ketika lepas dari tangan aparat-aparat keamanan.

Dengan itu harus dibentuklah sebuah program siskamling atau biasa disebut dengan sistem keamanan lingkungan. Dimana warga harus menjalankan program tersebut secara rutin dan aktif setiap harinya agar terhindar dari kejahatan. 

Program siskamling ini bertujuan untuk menghasilkan dan menciptakan suasana kehidupan serta keadaan yang nyaman, tertib, serta tentram di lingkungan masing-masing. Program ini sangat mendukung upaya aparat keamanan pemerintah dalam menjalankan keamanan. Jadi program ini sangat menjamin juga untuk mengamankan suatu daerah yg rawan akan tindak kejahatan yg mungkin mengancam. 

Dan bisa kita lihat masih banyak terjadi di kompleks perumahan yang mengalami pencurian motor atau barang. Maka dari itu fungsi siskamling ini sangat berpengaruh dalam keamanan lingkungan, agar tidak terjadi pencurian-pencurian selanjutnya. Dan warga harus berinisiatif memperkuat keamanan lingkungannya. Satpam yang ikut berperan dalam penjagaan lingkungan kompleks pun perlu diketatkan lagi penjagaannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline