Lihat ke Halaman Asli

Tanggal Tua Tapi Keuangan Masih Aman Memang Bisa???

Diperbarui: 16 Agustus 2024   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masalah keuangan banyak terjadi di sekitar kita, entah itu karena kurangnya pemasukan dan pengeluaran yang sangan besar atau karena tidak adanya perencanaan pengeluaran keuangan yang baik. Sehingga sudah tidak asing lagi bila kita mendengar kata "udah tanggal tua, kapan gajian ya?". Banyak sekali masyarakat yang selalu takut akan hadirnya tanggal tua, padahal tanggal tua bukanlah hal yang menyeramkan untuk dijalani. Tetapi memang, akan terasa berat bila kita tidak mengetahui caranya.


Bagaimana si cara agar uang cukup sampai tanggal tua nanti?
Cara yang bisa dilakukan agar uang cukup sampai tanggal tua adalah dengan memanajemen keuangan pribadi kita. Manajemen keuangan pribadi merupakan kemampuan seseorang dalam mengatur mulai dari perencanaan,  pengelolaan, pengendalian, dan penyimpanan dana keuangan sehari-hari. Pentingnya manajemen keuangan akan sangat terlihat ketika kita mengalami keadaan kritis, salah satunya pada saat tanggal tua. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami secara dalam cara untuk memanajemen keuangan pribadi.


Tips Memanajemen Keuangan Agar Cukup Sampai Tanggal Tua

  • Merencanakan Keuangan
    Merencanakan keuangan adalah proses menyusun anggaran setiap harinya. Dimana disini menjabarkan sumber penghasilan serta pengeluaran yang akan dilakukan nantinya, baik itu pengeluaran tetap maupun tidak, serta menyisihkan sebagian uang untuk ditabung nantinya.
  • Mengontrol Keuangan
    Mengontol keuangan sangat penting agar uang kita cukup. Dimana kita harus mengerti tentang kebutuhan yang menjadi prioritas kita. Dalam hal ini diperlukan sikap "sabar" untuk menghadapi godaan yang ada di dunia nyata maupun di dunia digital, karena tidak menutup kemungkinan kita akan tergoda dengan semua rayuan orang lain apalagi ketika telah ditawarkan diskon yang sangat besar sehingga akan berdampak pada pengeluaran yang membengkak nantinya.
  • Menabung
    Menabung perlu dilakukan agar kita memiliki simpanan guna keperluan yang tidak terkira atau keperluan mendadak seperti kecelakaan, kerabat membutuhkan pinjaman dan lain sebagainya. Selain itu dengan kita menabung kita dapat membeli sesuatu yang kita inginkan, walaupun harus menunggu.

Di atas adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu untuk mengatasi keuangan di tanggal tua. Akan tetapi untuk mencapai kata "keuangan aman" setiap harinya mari kita terus konsisten dalam memanajemen keuangan pribadi, serta berintegritas agar catatan dan laporan keuangan yang dibuat akurat. Sehingga mari kita terus melakukan manajemen keuangan agar tidak mengalami krisis di tanggal tua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline