Masa-masa sekolah dasar adalah periode emas bagi anak-anak untuk menumbuhkan minat belajar. Namun, tidak sedikit anak yang merasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton. Bagaimana caranya membuat pembelajaran khususnya di kelas 1 menjadi lebih seru dan menyenangkan?
Rahasia menciptakan suasana belajar yang menyenangkan pada kelas 1 terletak pada beberapa cara seperti:
- Belajar Sambil Bermain. Pembelajaran belajar sambil bermain memiliki tujuan untuk mengembangkan motivasi, keberanian, dan kreativitas pada siswa. Kegiatan bermain dapat menjadi salah satu faktor stimulus pada kecerdasan siswa dan menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan.
- Menggunakan Media yang Menarik. Memilih dan menggunakan media yang menarik, serta dipilih dan dirancang dengan baik, maka dapat membantu guru dan siswa dalam melakukan komunikasi dua arah secara aktif dalam pembelajaran. Dengan media, guru dapat mengatur kelas sehingga bukan hanya guru sendiri yang aktif tetapi siswa juga terlibat secara aktif.
- Membuat Suasana Kelas yang Menyenangkan. Pembelajaran dengan suasana yang baik dan menyenangkan pasti akan membuat siswa menjadi nyaman. Begitu juga sebaliknya, suasana pembelajaran yang buruk akan memberikan rasa ketidaknyamanan yang akan berpengaruh pada pemahaman serta hasil belajar yang diperoleh siswa. Suasana yang baik maupun buruk akan berdampak kepada guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
- Melibatkan Siswa Secara Aktif. Melibatkan siswa secara aktif dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh siswa, sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik mereka. Disamping itu, melibatkan siswa secara aktif juga dimaksudkan untuk menjaga perhatian siswa agar tetap tertuju pada proses pembelajaran.
- Memberikan Pujian dan Motivasi. Pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan memberikan motivasi yang baik bagi siswa. Pemberiannya juga harus pada waktu yang tepat, sehingga akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi motivasi belajar siswa.
Pembelajaran yang menyenangkan akan membuat siswa lebih mudah mengingat materi dan memiliki motivasi yang tinggi untuk terus belajar. Selain itu, pembelajaran yang menyenangkan juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan berbagai keterampilan sosial dan emosional.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis pada saat pembelajaran di kelas 1 SDN Bayuajuh 2, guru kelas pada saat pembelajaran melakukan beberapa hal seperti:
- Belajar Sambil Bermain. Aspek kognitif pada anak akan berkembang dengan baik dengan cara mengajaknya bermain dan bereksplorasi secara bebas di alam sekitar. Anak akan menemukan hal-hal yang baru baik dengan sesuatu ciptaan Tuhan maupun buatan manusia. Kegiatan pada saat pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas 1 SDN Banyuajuh 2 adalah dengan mengamati bentuk benda, dimana siswa dapat meningkatkan pengetahuannya tentang bentuk-bentuk bangun datar dan bangun ruang dengan memanfaatkan objek yang ada di lingkungan sekitar. Dengan cara bermain ini siswa bisa membuka wawasan seluas-luasnya dan berkesempatan untuk mengamati hal-hal baru, serta agar membuat siswa tidak mudah bosan dengan pembelajaran dan pembelajaran terasa lebih menyenangkan.
- Belajar Sambil Bernyanyi. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis pada pembelajaran, guru kelas 1 mengajak siswa untuk bernyanyi yang dimana dalam nyanyiannya ini akan diselipkan materi yang akan diajarkan, seperti contoh bernanyi menggunakan lagu “Bintang Kecil” akan tetapi liriknya diganti menjadi materi bentuk bangun datar. Pembelajaran dengan bernyanyi ini dapat membuat siswa senang dan dapat menstimulasi motivasi siswa untuk belajar di sekolah. Apabila pembelajaran disajikan dengan menarik, maka kemungkinan motivasi belajar siswa akan meningkat.
- Memberikan Pujian dan Umpan Balik. Berdasarkan pengamatan penulis, guru kelas memberikan pujian serta umpan balik pada saat siswa mampu menjawab soal yang diberikan guru, terhadap tugas yang dikerjakan, upaya belajarnya, penguasaan suatu keterampilan, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar siswa menjadi lebih dihargai atas apa yang dilakukan dan dikerjakan serta siswa lebih semangat dan senang dalam pembelajaran.
Selain itu, penulis dalam pembelajaran di kelas 1 melakukan beberapa cara agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan, seperti mengajak siswa bermain sambil belajar dengan berbasis teknologi yakni menggunakan media pembelajaran wordwall. Penulis juga memberikan materi pelajaran melalui bernyanyi juga melalui video pembelajaran, dikarenakan melalui video dan bernyanyi ini siswa merasa lebih tertarik dan mudah memahami materi. Pada saat pembelajaran, siswa sangat semangat dan juga senang karena materi lebih mudah dipahami, serta siswa juga merasa sesi diskusi atau tanya jawab terasa lebih seru karena menggunakan media pembelajaran wordwall, dan siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
Dengan menerapkan beberapa cara di atas, diharapkan pembelajaran di sekolah dasar dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi siswa, serta diharapkan guru mampu lebih kreatif lagi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak merasa cepat bosan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H