Lihat ke Halaman Asli

Eka Aditiya

Mahasiswa

Sudut Pandang Media Terkait Aksi Demo Mahasiswa 11 April 2022

Diperbarui: 13 April 2022   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

hinundweg.jetzt

Opini : Bagaimana Sudut Pandang media mengenai aksi demo yang dilakukan Mahasiswa 11 April 2022?

Oleh : Eka Aditiya - Mahasiswa Stikosa AWS

Ribuan Mahasiswa menghadiri aksi demonstrasi yang digelar di depan gedung DPR RI pada senin (12/4/2022). Menurut SuaraMerdeka Solo jumlah Mahasiswa yang hadir mencapai kurang lebih 1.000 orang dari berbagai perguruan tinggi yang ada. Aksi demonstrasi ini ramai menjadi perbincangan di media sosial. Demo yang diselenggarakan oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyampaikan 4 tuntutan yaitu:

1. Wakil Rakyat diharapkan mendengar dan menyampaikan aspirasi rakyat.

2. Menuntut Wakil Rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat yang disuarakan sebelumnya pada tanggal 28 Maret 2022 hingga 11 April 2022 di berbagai daerah

3. Menolak massa jabatan 3 periode

4. Mahasiswa Mendesak dan menuntut Wakil Rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan Mahasiswa kepada Presiden yang hingga saat ini belum terjawab.

Aksi demonstrasi ini memunculkan banyak pro dan kontra di media sosial. Munculnya pro dan kontra ini diikuti oleh perang tagar #MahasiswaBergerak melawan #KamiBersamaJokowi. Menurut data media sosial Drone Emprit, Kedua tagar tersebut mulai menjadi trending pada sabtu (09/04).Pada  Para pengguna media sosial pun ramai menggunakan tagar tersebut dengan dibumbui kalimat pro dan kontra. 

Salah satu pengguna media twitter yang mengomentari aksi demo mahasiswa adalah akun @agung_joko. "Semoga demo mahasiswa untuk menyuarakan aspirasi berjalan lancar. Dan aspirasi bisa diterima oleh pemangku kepentingan dengan baik dan diteruskan dengan kebijakan yang lebih memihak rakyat," ujar Agung lewat Twitter, Senin (11/4). Namun ada juga yang mempertanyakan demo pada zaman sekarang bakal di tanggapi atau cuma dianggap angin lalu saja. Dengan adanya kasus demonstrasi ini dapat menjadikan masyarakat memiliki perbedaan sudut pandang. 

Opini : Fungsi media untuk mempengaruhi khalayak dapat menimbulkan sudut pandang yang berbeda dari setiap orang. Media harus lebih bijak dalam melakukan framing terhadap suatu kejadian agar tidak menimbulkan konflik yang lebih besar antar masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline