Lihat ke Halaman Asli

Ni putu eka adiantari

Tiada hari tanpa Mu

Betutu Khas Bali Lezat dan Bersejarah

Diperbarui: 2 Juni 2020   11:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Menurut Sejarawan Kuliner Fadly Rahman Betutu sangat pekat asal muasalnya dengan wilayah Gianyar tepatnya daerah Ubud. 

Cita rasa betutu yang khas gurih pedas dan kaya rempah Bali atau Base genep menjadikan Betutu sebagai makanan favorite Raja di Bali. Betutu adalah cara memasak be / lauk ayam atau bebek dengan cara di tutu/ tunu dengan menggunakan bara sekam padi. Be atau daging ayam dan bebek yang dibumbui oleh base genep atau bumbu khas bali, base wangen dan minyak kelapa khas bali. 

Bagian dalam ayam atau bebek utuh dimasukkan pula bumbu agar meresap. Setelah itu daging dibungkus dengan upih. Setelah proses tersebut selesai lalu dimasak didalam bara sekam padi/ ditunu /dipanggang untuk menghasilkan rasa yang khas dan dagingnya menjadi lembut. 

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, cara memasak ayam dan bebek betutu pun menggunakan teknologi dan peralatan yang modern. Ada yang memasak dengan merebus daging ayam atau bebek dengan panci presto hingga daging lembut dan berkuah, adapula dengan memanggang menggunakan oven. Sehingga sesuai permintaan pecinta kuliner khas Bali ada betutu basah yang berkuah adapula yang kering dipanggang. Tetapi dengan ciri khas bumbu bali yang spicy. 

Bali yang menjadi Daerah Tujuan Wisata Dunia dan Lokal tidak luput menjadi tujuan wisata kuliner yang penuh sejarah. Untuk melestarikan wisata kuliner ini maka banyak di buka Restorant yang menyajikan Betutu sebagai makanan favorite. Restorant khas yang menyajikan Betutu sebagai menu utama dapat dijumpai di daerah Gianyar-Ubud, Kintamani dan Gilimanuk. Adapula yang membuka cabang di wilayah wisata yang terkenal dengan pasir putih serta sunsetnya  dan pusat olah raga surfing yaitu Kuta Bali. Nah .... mari kita melestarikan makanan khas daerah dengan mengunjungi daerah wisata dan mencoba kuliner khas yaitu Betutu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline