Lihat ke Halaman Asli

Eka Bima Saputra

Teknik Mesin-Politeknik Gajah Tunggal

Mengantuk saat Kerja? Tips dan Trik Agar Selalu Fokus!

Diperbarui: 12 Februari 2023   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber : edit from canva)

Pasti dari kita sering mengantuk pada saat bekerja atau belajar. Hal tersebut membuat kita sering ketiduran dan membuat aktivitas seharian menjadi kacau, mulai dari kesalahan saat presentasi, ketiduran saat mengerjakan tugas kantor, atau melamun saat mendengarkan materi yang guru atau dosen ajarkan. Lantas bagaimana sih agar kita selalu fokus setiap hari? Mimin akan kasih tau tips dan trik agar tetap fokus!

1. Tidak Begadang dan Istirahat Cukup

Kebanyakan masalah yang dihadapi pada pagi hari adalah mengantuk. Hal ini diakibatkan karena begadang pada saat malam hari. Begadang akan membuat waktu tidur kita menjadi lebih singkat. Umumnya setiap orang memiliki waktu tidur yang cukup sekitar 6-7 jam per harinya. Selain waktu itu, maka kita akan mendapatkan rasa kantuk dan kesulitan untuk berkonsentrasi pada saat pagi hari. Begadang juga dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa lebih Lelah setelah beraktivitas, karena tubuh kurang beristirahat dan keterbatasan relaksasi otot-ototnya pada malam hari. 

2. Banyak Minum Air Putih

Tips sederhana yang satu ini sering kali diabaikan pada saat melakukan aktifitas. Air putih dapat membantu tubuh untuk merefresh otak, sehingga lebih tenang dan lebih berkonsentrasi saat mengerjakan tugas. Dengan minum air putih juga dapat mengurangi rasa kantuk yang berlebihan. Konsumsi air putih pada orang dewasa setiap harinya sekitar delapan gelas dengan ukuran gelas 230 ml atau setara dengan 2 liter. 

3. Memusatkan Pikiran

Cara ini merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkatkan kefokusan yang kita miliki. Memusatkan pikiran dapat membantu kita untuk selalu mengingat apa yang harus dilakukan pada saat beraktifitas. Hal tersebut akan menambah daya ingat dan meningkatkan efektifitas waktu serta pikiran. Memusatkan pikiran dapat dilakukan dengan cara meditasi di pagi hari sebelum berangkat kerja atau dengan beribadah pada pagi hari. Selain dapat memusatkan pikiran, kita juga akan merasa lebih rileks dan tenang untuk menghadapi aktivitas seharian.

Itulah tips dan trik untuk meningkatkan rasa fokus yang ada dalam diri. Rasa kantuk dan Lelah bagi setiap orang pastilah ada, namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan point-point di atas.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline